KOTAK FT. CAK NUN – MANUSIA MANUSIAWI

KOTAK Merilis “Manusia Manusiawi”, Sebuah Pesan Humanisme yang Kuat, Kolaborasi dengan Cak Nun. “Manusia Manusiawi”, single kedua untuk album Identitas Menyusul single “Hoax” yang dirilis 26 Juni 2020 lalu, trio KOTAK merilis single keduanya berjudul “Manusia Manusiawi” pada Jumat, 24 Juli 2020. Lagu ini diset sebagai salah satu single menuju album studio KOTAK selanjutnya berjudul Identitas.

Terkait konsep, “Manusia Manusiawi” memiliki pesan mendalam soal kemanusiaan, khususnya kedamaian hidup dan toleransi. Gitaris KOTAK, Cella, memaparkan bahwa lagu ini punya pesan tentang kedamaian hidup, toleransi, dan persatuan, di tengah situasi pandemi sekarang. Cella menjelaskan, “Kita sekarang juga sedang krisis toleransi. Lagu ini mengajak orang untuk saling bertoleransi, menerima fakta bahwa tidak ada yang sempurna, dan untuk bisa saling toleransi dimulai dari memaafkan diri.”

Tantri (vokalis) mengakui bahwa konsep ini terinspirasi dari kata-kata Emha Ainun Nadjib (Cak Nun), sosok yang memang dikagumi oleh ketiga personil KOTAK. “Ada banyak orang yang bisa memaafkan orang lain, namun tak banyak orang yang bisa memaafkan diri sendiri, menyadari jatuh bangkitnya kehidupan manusia,” jelas Tantri. Dia menambahkan, “Berusaha untuk memaklumi bahwa dirinya manusia yang bisa melakukan kesalahan bukan hanya kepada orang lain, namun terhadap dirinya sendiri.”

Chua (bassist) menambahkan bahwa dia menganggap “Manusia Manusiawi” sebagai doa dari KOTAK agar berdampak positif untuk masyarakat indonesia. Konsep positif ini sejalan dengan single sebelumnya, “Hoax”, terkait memutus rantai disinformasi di masyarakat. Walau setiap personil KOTAK memiliki persepsinya masing-masing soal “Manusia Manusiawi”, mereka juga membuka diri terhadap bagaimana pendengar meresapi dan memaknakan lagu ini. Karena pada akhirnya, “Manusia Manusiawi” adalah sebuah karya yang menjadi personal bagi tiap manusia.[WARNER MUSIC ID]

494 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.