Ketua DPR RI Minta Pemerintah Turunkan Harga Tes Swab

Ketua DPR RI Puan Maharani/foto : jpnn.com

JAKARTA – Tarif tes swab dinilai masih cukup mahal. Ketua DPR RI Puan Maharani pun meminta pemerintah mengendalikan tariff tes sebagai salah satu langkah pengendalian dan penanganan penyebaran Covid-19. Jumlah masyarakat yang melakukan tes mandiri akan meningkat ketika harganya lebih terjangkau.

“Kami mengimbau kepada pemerintah agar pelaksanaan tes swab harganya bisa diturunkan. Harus ada standarisasi harga,” terang dia, Selasa (29/9).

Menurutnya, dengan harga yang terjangkau, maka masyarakat tidak akan kesulitan untuk melakukan tes swab.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, jika tariff tes swab lebih terjangkau, maka kesadaran masyarakat untuk memeriksakan dirinya akan meningkat. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dan meningkatnya tes swab, maka pengendalian penyebaran Covid-19 dapat dilakukan dengan hasil yang lebih baik.

Pemerintah memang sudah mulai melakukan tes swab massal. Tentu, upaya yang dilakukan pemerintah perlu didukung. Namun, selain tes massal, pemerintah juga perlu menurunkan tariff tes dan menentukan standar harga yang harus menjadi acuan semua pihak.

Mantan Menko PMK itu menjelaskan, penanganan pandemi Covid-19 harus dilakukan secara menyeluruh dengan koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah. Kesadaran masyarakat juga harus terus ditingkatkan dalam memutus mata rantai Covid-19, khususnya dengan disiplin menjalankan protocol kesehatan. Yaitu, mengenakan masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.(lum/deb/JPG)

415 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.