Mankoraya Konsisten Gelar Pelatihan Jurnalistik

Kepala MAN Palangka Raya H Ahmad Fauzi, didampingi Kaur TU dan Koordinator Jurnalistik Asran Dirun saat pembukaan Pelatihan Jurnalistik, Rabu (14/10). Foto : Man Pky utk Kalteng Pos

PALANGKA RAYA –  MAN Kota Palangka Raya (Mankoraya) menjadi salah satu sekolah yang paling konsisten melaksanakan Pelatihan Jurnalistik untuk siswanya di Kalteng. Eskul jurnalistik yang aktif dan sering mempublikasikan kegiatannya di media.

Tahun ini pelatihan juarnalistik untuk siswa dilaksanakan secara daring. Peserta  selain diikuti siswa Mankoraya, juga diikuti oleh MAN 1 Pulang Pulang Pisau, MAN Kapuas, dan terjauh MAN Murung Raya. 

“Saya berpesan kepada peserta agar bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik hingga selesai, karena nara sumber pelatihan adalah orang yang kompeten di bidangnya, sehingga kalian bisa mendapatkan ilmu baru tentang dunia jurnalistik,” ujar Ahmad Fauzi.

Menurut  Fauzi ekskul jurnalis di sekolah memiliki peran penting untuk menginformasikan kemajuan sekolah berupa proses belajar mengajar , prestasi siswa,  kebijakan lembaga dan pemerintah. Sehingga  masyarakat mengetahui informasi tersebut guna bahan kontrol bagi mereka untuk kemajuan sekolah ke depan, katanya.

Koordinator jurnalistik Mankoraya Asran Dirun mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini rutin dilakukan setiap tahun dan merupakan program kerja dari ekskul jurnalis Mankoraya. Hanya saja untuk tahun ini dilaksanakan secara virtual. Namun dengan metode  ini bisa menjangkau peserta dari luar daerah, seperti MAN Murung Raya, MAN 1 Pulang Pisau, MAN Kapuas, ujar Asran.

Aktivitas jurnalis Mankoraya yang dibalut ke dalam Madrasah Journalist Coompetition (MJC)  ini ditutup dengan lomba jurnalistik, yaitu lomba film pendek, konten edukasi, poster digital, Essay dan reportase. Semua peserta pelatihan dan lomba jurnalis akan mendapatkan sertifikat, piala, uang pembinaan, kouta data, tumbbler minuman yang akan dibagikan langsung saat acara puncak MJC (29/10/2020), sekaligus pelantikan pengurus jurnalis Mankoraya tahun pelajaran 2020/ 2021, tutup Asran Dirun. (kaltengpos/101kpfm)

305 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.