Meminimalkan Konflik dengan Gotong Royong

Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Diah Purwati, Kabid Linjamsos Dinsos Kota Palangka Raya Yus Anwar, Lurah Palangka Ellia Agustina, aparat kepolisian bersama warga usai mengikuti Forum Keserasian Sosial Mendawai Dialog Tematik di halaman SDN 14 Palangka, Sabtu (17/10). Foto : Emanuel Liu/Kalteng Pos

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Sosial menggelar Forum Keserasian Sosial Mendawai dialog tematik di halaman SDN 14 Palangka, Sabtu (17/10). Program tersebut merupakan program dari Kementerian Sosial RI.

“Programnya dari Kemensos dan bekerja sama dengan beberapa pihak seperti Pemerintah Kota Palangka Raya dan diusulkan melalui Dinas Sosial Provinsi,” kata Plt Kepala Dijas Sosial Provinsi Kalteng dr Rian Tangkudung melaui Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Diah Purwati dalam sambutannya saat itu.

Dijelaskannya bahwa keserasian sosial merupakan salah satu program Kemensos untuk membantu masyarakat mencegah konflik. Jadi konflik di masyarakat diminimalkan dengan kegiatan tersebut, sehingga perlu dilaksanakan dengan gotong royong membangun titian sepanjang 80 meter.

“Karena anggarannya hanya Rp 100 juta dan untuk 80 meter, jika belum selesai maka warga bisa urunan dan bergotong royong baik untuk bahan baku dan juga pengerjaannya,” jelas Diah.

Dijelaskannya tahun ini program ini dilaksanakan di 3 kelurahan seperti Kelurahan Habaring Hurung, Bukit Tunggal dan Palangka.

“Pengerjaan juga dilakukan mulai rehab kampung, renovasi sarana ibadah, tanggul, balai pertemuan warga, lapangan olahraga, sarana penerangan lingkungan, pemakaman dan lainnya,” bebernya.

Ini merupakan dana pancingan, selanjutnya bisa disumbang untuk pembangunan seperti kayu dan lainnya. “Dengan pengerjaan itu diharapkan  dapat bermanfaat terutama bagi masyarakat yang membutuhkan di Kelurahan Palangka khususnya Jalan Mendawai,” pungkasnya.(kaltengpos/101kpfm)

321 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.