15 Komunitas di Sampit Ikuti Donor Darah Pemecah Rekor MURI

SAMPIT-Sebanyak 15 komunitas motor dan fans club di Sampit, Kalimantan Tengah yang tergabung dalam Bold Riders dan SuperSoccer ikut terlibat dalam kegiatan donor darah bertema “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” pada Sabtu (24/10/2020). Sehari setelah mengikuti kegiatan di PMI Sampit, Jalan Ahmad Yani ini, para anggota komunitas motor menggelar family gathering di Danau Alam Salju.

“Minat para peserta untuk mengikuti kegiatan donor darah ini terbukti cukup tinggi. Awalnya yang daftar hanya sekitar 30 orang. Ternyata di hari H, jumlahnya bertambah hingga mencapai 88 peserta. Meskipun jumlah peserta membludak, pihak PMI Kota Sampit tetap menerapkan social distancing sebagai bagian dari protokol kesehatan,” ujar Koordinator Acara, Bastian Rizki.

Dari jumlah peserta yang ambil bagian tersebut, menurut Bastian, berhasil terkumpul 73 kantong darah. Sebanyak 15 peserta yang gagal lolos screening, sebagian besar disebabkan masalah tekanan darah.

“Ada yang unik dalam kegiatan donor darah ini. Saking semangatnya, salah satu peserta diberikan kesempatan untuk dicek tekanan darahnya hingga empat kali. Ternyata pada pengecekan terakhir, tekanan darahnya memenuhi persyaratan untuk menjadi pendonor,” beber Bastian.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.

Rangkaian kegiatan donor darah ini dilanjutkan dengan gathering anggota Bold Riders Sampit di Danau Alam Salju. Kegiatan seperti ini digelar rutin minimal setahun dua kali.

“Family gathering ini untuk mempererat persaudaraan diantara member Bold Riders. Acara ini sekaligus menjadi penutup dari rangkaian kegiatan donor darah,” tutup Bastian. (*)

279 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.