Bukan Mencari Kesalahan, BPKP Monitoring Dana Desa

Kepala DPMD Pulang Pisau Deni Widanarni (kanan) saat workshop evaluasi dan monitoring penerimaan dan penyaluran DD di Aula Bappedalitbang setempat, pekan lalu. Foto : Kalteng pos

PULANG PISAU – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Kalteng menggelar koordinasi pelaksanaan workshop evaluasi dan monitoring penerimaan dan penyaluran dana desa (DD) di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis). Kegiatan yang digelar, Kamis (5/11) lalu dilaksanakan aula Bappedalitbang Pulpis.

“Kegiatan ini sebagai perhatian agar ke depan bisa lebih baik melakukan koreksi,” kata Kepala BPKP Perwakilan Kalteng, Adi Gunawan, di sela-sela kegiatan tersebut.

Karena, tegas Adi, BPKP dalam melakukan pengawasan untuk perbaikan, bukan mencari kesalahan.

“Kalau ada hal kurang tepat diluruskan atau diperbaiki. Ini masih tahun berjalan. Masih  ada bulan November  dan Desember, supaya akhir tahun tidak ada masalah lagi. Itu tujuan dalam pengawasan DD,” ungkap dia.

Pihaknya melakukan mekanisme pengawasan di antaranya melakukan analisis di kantor dan turun ke lapangan atau desa untuk melakukan konfirmasi ke keluarga penerima manfaat.

“Dalam monitoring ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian. Kami juga terus melakukan koordinasi untuk memberi pemahaman agar ke depan lebih baik lagi,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pulpis, Deni Widanarni, menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini menambah dan membantu meningkatkan pemahaman aparatur desa dalam penyaluran DD,” kata Deni.

Dia mengaku, untuk tahap pertama dan tahap dua penyaluran DD sudah mencapai 80 persen. “Tinggal tahap tiga. Kami harapkan cepat diproses dan disalurkan. Tahap tiga ini memang ada syarat yang harus dipenuhi. Mungkin agak lambat. Namun sudah ada 16 desa yang kami proses,” tandas Deni. (art/kaltengpos/101kpfm)

317 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.