Timnas Indonesia U-19 Sulit Cari Lawan Uji Coba di Spanyol

Para pemain Timnas U-19 merayakan gol ke gawang Arab Saudi dalam uji coba di Kroasia. (PSSI.org)

Pekerjaan rumah yang menumpuk harus segera diselesaikan PSSI sebelum timnas U-19 berangkat training camp (TC) di Spanyol.

Selain harus mengurus segala persyaratan masuk ke Spanyol di masa pandemi, plus persiapan tim karena pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong belum juga datang, PSSI harus segera menyiapkan calon lawan tanding David Maulana dkk selama TC.

Sebab, sampai saat ini, timnas U-19 belum dapat tim yang bisa diajak beruji coba. Hal itu dikatakan Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi. Dia menyatakan, pihaknya saat ini mencoba berkomunikasi dengan beberapa klub ataupun negara yang mau beruji coba dengan timnas U-19.

’’Sekarang dalam tahap proses finalisasi dengan beberapa klub dan negara di sekitar Spanyol ataupun Kota Salou untuk jadi lawan timnas U-19 dalam laga uji coba,’’ jelasnya.

Yunus tidak bisa memastikan tim atau negara mana yang akan diajak beruji coba. Sebab, ada proses yang masih harus dilakukan calon lawan timnas U-19 terhadap federasi sepak bola di Spanyol.

’’Ini juga menyangkut kerja sama antarfederasi. Kami kemudian ingin federasi Spanyol menghubungi langsung klub-klub itu. Baru setelah itu kami bisa mengumumkan,’’ tuturnya.

Yunus berharap lawan-lawan timnas U-19 adalah tim-tim yang punya prestasi ataupun levelnya di atas skuad Garuda. Hal itu sesuai dengan permintaan dari Shin Tae-yong. Agar kualitas permainan anak asuhnya bisa meningkat.

PSSI mengerti hal tersebut. Sejauh ini, pihaknya konsen mencari calon lawan yang diinginkan Shin Tae-yong. ’’Mengenai siapa mereka, sekali lagi kami masih proses. Nanti, ketika semuanya selesai, pasti kami umumkan,’’ ucapnya.

Selain mencari calon lawan timnas U-19 selama TC, PSSI sedang dipusingkan urusan visa pemain. Sebab, sampai saat ini, kepastian visa belum bisa didapat. Hal tersebut menunggu kedatangan Shin Tae-yong ke Indonesia.

’’Shin Tae-yong kemungkinan datang ke Indonesia besok (hari ini) malam. Akan kami minta langsung siapa saja yang berangkat ke Spanyol,’’ ucapnya.

Ya, Shin Tae-yong memang harus segera memutuskan berapa pemain yang akan dibawa ke Spanyol. Tentu, 33 pemain yang saat ini sedang melakoni TC di Jakarta tidak semua bisa dibawa. Artinya, bakal ada pencoretan lagi.

Shin Tae-yong juga diharapkan bisa memaparkan road map TC selama di Spanyol kepada PSSI. Apa saja programnya dan target apa yang akan dicapai setelah TC di Spanyol berakhir. Yunus menegaskan, PSSI sedang bekerja keras agar timnas U-19 segera bisa berangkat ke Negeri Matador.

PSSI menjadwalkan timnas U-19 bisa TC di Eropa hingga akhir Januari. Sebab, beberapa pemain yang saat ini ada dalam tim juga dibutuhkan untuk bisa berkompetisi di pertandingan resmi.

Bisa kembali memperkuat tim masing-masing di Liga 1 ataupun Liga 2 awal Februari mendatang. ’’Insya Allah, sebelum tahun baru, para pemain berangkat ke Spanyol,’’ pungkas pria asal Gorontalo tersebut (10/12). (jpc/101kpfm)

308 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.