Pelabuhan di Desa Pelangsian Akan Dioperasikan

Bupati Kabupaten Kotim H Halikinnor beserta wakil Ketua DPRD Kotim H Rudianur dan unsur Forkopimda foto bersama usai ucara di Rumah Jabatan Bupati belum lama ini.

SAMPIT– Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) H.Halikinnor mengatakan, pelabuhan yang berada di Desa Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan segera beroperasi. Selama ini pelabuhan yang dibangun sejak tahun 2014 dan selesai pada 2015 lalu tidak pernah dioperasikan.

“Pelabuhan yang ada di Desa Pelangsian akan dioperasikan, paling lambat minggu depan sudah beroperasi, dan saya sudah menghubungi pihak terkait yang akan mengoperasikan itu,” kata Halikinnor, Sabtu (4/9).

Dirinya juga mengatakan selama ini pelabuhan tersebut oleh pihak pelindo dan belum pernah dimanfaatkan oleh pemerintah daerah sendiri, sehingga belum ada retribusi bagi daerah. Saat ini memang masih ada yang perlu dilengkapi. “Tetapi kalau nunggu semuanya lengkap, kapan daerah ini bisa ikut menikmati pelabuhan itu.  Saat ini yang menikmati KSOP dan Pelindo saja,” terangnya.

“Kalau pelabuhan itu difungsikan oleh daerah maka akan menambah pendapatan asli daerah (PAD), jadi ini membuat kami harus lebih jeli lagi. Peluang yang dapat membuat pendapatan besar harus dimanfaatkan, Kalau dana kita banyak mudah saja melakukan pembangunan,” tambah Halikin.

Mantan Sekda ini juga mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kotim kurang lebih Rp 1,8 triliun. Sementara target pembangunan cukup banyak, sehingga anggaran tersebut tidak mencukupi. Idealnya anggaran APBD yang diperlukan untuk Kabupaten Kotim sekitar Rp 5 triliun sampai Rp 7 triliun.

“Kalau APBD kita hanya Rp 1,8 triliun belum dapat menuntaskan pembangunan di wilayah ini, karena wilayah Kotim memiliki luas wilayah sekitar 17.000 hektar. Saya berharap dengan dioperasikannya pelabuhan tersebut maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita semakin meningkat, perekonomian kita semakin baik dan pembangunan yang kita harapkan dapat terwujud,” tutup. (bah/ans/kpfm101).

225 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.