Pentingnya Inovasi Pelaku Seni Ditengah Pandemi

Kepala Disbudpar Guntur Taladjan (tengah) Usai membuka Kegiatan Sabtu 25/09

PALANGKA RAYA – Meski Masih Ditengah Pandemi Covid-19 seorang Pelaku Seni dan Industri Kreatif dituntut untuk bisa memanfaatkan keadaan dan berinovasi. Untuk memberikan Wadah Pelaku Seni Daerah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dusbudpar) Kalimantan Tengah melalui UPT Taman Budaya Mengadakan Gelar Seni Budaya Kalteng, yang diselenggarakan pada Sabtu 25/09 Malam di taman Pertunjukan Taman Budaya Kalteng Jalan Temanggung Tilung XVIII.

Acara dibuka secara resmi Oleh Kepala Disbudpar Kalteng Guntur Taladjan. Dalam sambutanya Guntur mengatakan, salah satu perubahan yang terjadi dimasa pandemi ini adalah semakin banyaknya masyarakat, yang menikmati seni budaya secara virtual. Karena itu menjadi kesempatan untuk pegiat seni dan industri kreatif, untuk tetap merajut berkarya dan berkembang.

“Hal ini merupakan sebuah kesempatan, dimana hasil karya cipta seni budaya bisa dinikmati dimana saja dan kapan saja, melalui Media Social Atau Youtube,” Ungkapnya.

Sementara Kepala UPT Taman Budaya Kalteng, Suraji dalam Laporannya menyampaikan, kegiatan yang digelar bertujuan, untuk menjaga keberlanjutan seni dan budaya dengan cara inventarisasi, pengamanan, Pemeliharaan, Penyelamatan dan publikasi.

“Acara hanya digelar sehari, melalui sistem virtual/daring yang diikuti 10 Peserta. Jadi tidak ada satupun peserta yang tampil secara luring atau langsung dipanggung pertunjukan taman budaya Kalteng,” Katanya.

Suraji berharap, dengan adanya kegiatan itu setidaknya dapat meringankan beban para pegiat seni budaya, yang selama ini terdampak dari merebaknya pandemi Covid-19. (Dha-KPFM)

263 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.