Sinergitas untuk Penanggulangan Banjir

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas saat meninjau pekerjaan proyek Gunung Perak, belum lama ini.

TAMIANG LAYANG – Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menyebutkan, untuk penanggulangan bencana banjir, pemerintah daerah telah melakukan koordinasi lintas instansi. Menurutnya, sinergitas itu harus terus diperkuat.

“Pemkab Bartim melalui BPBD, BPMDSos sudah mengantisipasi dalam penanganan dengan memperkuat koordinasi antar instansi,” kata Ampera kepada Kalteng Pos via handphone, Selasa (30/11).

Orang nomor satu di kabupaten berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah tersebut mengatakan, daerah telah siap untuk menghadapi bencana banjir apabila datang tiba-tiba. Teknis secara langsung tidak menunggu untuk menindaklanjuti di lapangan dalam evakuasi maupun memberikan bantuan pangan. “Tidak lagi menunggu, action langsung di lapangan,” tegasnya.

Bupati telah menginstruksikan seluruh camat untuk menggiatkan kegiatan gotong royong di setiap desa hingga tingkat RT. Yakni, papar dia, membersihkan saluran drainase, terutama lingkungan wilayah bantaran sungai. Menurutnya, pemerintah daerah telah melakukan mitigasi bencana, pemetaan dan antisipasi daerah rawan. (log/ens/kpfm101)

170 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.