Damang Harus Laksanakan Tugas dengan Baik

KASONGAN-Akhir tahun lalu, Bupati Katingan Sakariyas telah melantik sejumlah Damang Kepala Adat. Dia mengingatkan agar seluruh Damang Kepala Adat betul-betul melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Kita tahu tugas dan fungsi Damang Kepala Adat ini cukup berat. Di pundak Damang Kepala Adat inilah, terpikul beban dan tanggung jawab untuk menegakkan budaya rumah betang dan belum bahadat (hidup beradat). Dengan cara melakukan pemberdayaan, melestarikan, dan mengembangkan adat-istiadat dan lembaga adat,” kata Sakariyas, Rabu (5/1).

Sebagai kepala daerah, dia juga mengingatkan, agar Damang Kepala Adat juga harus menjaga kerukunan dan kedamaian antar golongan. “Sehingga bisa tercipta kerukunan di tengah masyarakat kita di Kabupaten Katingan,” ucapnya.

Kemudian orang nomor satu di Kabupaten Katingan ini juga mengingatkan, agar Damang juga selalu memperhatikan tugas dan tanggung jawabnya. “Damang ini juga mitra camat dalam bidang pemberdayaan, pelestarian, pengembangan adat istiadat, kebiasaan-kebiasaan masyarakat, dan lembaga adat, serta hukum adat di wilayahnya,” ujarnya. (eri/art/kpfm101)

134 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.