ASN Diingatkan Disiplin Bekerja

PURUK CAHU-Bupati Murung Raya (Mura) Perdie M Yoseph mengatakan bahwa kedisiplinan seorang aparatur sipil negara (ASN) merupakan faktor penting yang menentukan sukses atau tidaknya pelaksanaan program pembangunan. Tanpa kedisiplinan, mustahil tugas bisa diselesaikan tepat waktu.

Perdie menekankan, ASN sebagai ujung tombak pelayanan dan pelaksana pembangunan harus punya komitmen dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas dan pekerjaan. ASN juga mesti terus meningatkan kedisiplinan dan kinerja, khususnya berkontribusi positif bagi daerah di tempat tugas masing-masing.

“Pemerintah Kabupaten Murung Raya mengapresiasi semua dukungan dan kinerja dari para ASN selama bekerja. Ke depan para ASN dituntut untuk bisa menjalin kerja sama dengan mitra kerja maupun perangkat daerah lainnya,” kata Perdie.

Ia juga menegaskan akan memberikan sanksi kepada ASN, termasuk tenaga honorer atau tenaga kontrak yang diketahui melanggar disiplin aparatur negara. “Pengawasan berjenjang akan terus dilakukan, karena jika tidak diawasi dan diberi sanksi tegas, kadang kala banyak oknum ASN yang mengabaikan ini (kedisiplinan),” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Perdie, sistem absensi manual yang saat ini masih diterapkan di beberapa satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) sering dimanfaatkan oleh oknum ASN yang malas masuk kantor, datang terlambat, atau pulang lebih cepat dengan berbagai alasan. Karena itu, pengawasan berjenjang akan dilakukan untuk mengantisipasi masalah tersebut.

Bupati menegaskan akan memberikan sanksi tegas terhadap jajarannya yang melanggar disiplin atau memiliki kinerja buruk. “Percuma juga masuk kantor tapi tidak bekerja dan hanya duduk-duduk saja, itulah yang berdampak pada kinerja pemerintahan secara keseluruhan,” pungkasnya. (dad/ce/ala/kpfm101)

193 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.