Ketum DAD Kalteng Gelar Acara Hasupa Hasundau

KEBERSAMAAN: Ketua Umum DAD Kalteng H Agustiar Sabran bersama tokoh dan insan pers dalam acara hasupa hasundau di Betang Hapakat, Senin (19/12).

PALANGKA RAYA-Menyambut perayaan Natal dan tahun baru 2023, Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng H Agustiar Sabran menggelar acara hasupa hasundau dengan rohaniwan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan insan pers. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Betang Hapakat, Jalan RTA Milono, Palangka Raya, Senin (19/12).

Hadir dalam acara itu, Ketua Umum DAD Kalteng H Agustiar Sabran, Sekretaris DAD Yulindra Dedy Lampe, Pangkalima Batamad Brigjen (Pur) Yuandrias, tokoh adat Dayak Nahson Taway, serta para pengurus DAD Kalteng lain, para rohaniwan dan umat Kristen.

Turut hadir tokoh-tokoh dan perwakilan organisasi keagamaan. Di antaranya Ketua MUI Kalteng Dr KH Khairil Anwar, Ketua PWNU Kalteng Dr HM Wahyudie F Dirun, Ketua FKUB Kalteng Dr Bulkani, Pengurus Wilayah Muhammadiyah Kalteng, perwakilan dari Kanwil Kementerian Agama, serta tamu undangan.

Sekretaris DAD Kalteng Yulindra Dedy Lampe menyebut, acara hasupa hasundau ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun oleh pengurus DAD Kalteng saat perayaan hari besar keagamaan.

“Baik agama Islam, Hindu, Buddha, maupun Kristen,” kata Yulindra.

Acara hasupa hasundau yang digelar DAD Kalteng tiap hari besar keagamaan merupakan inisiatif Ketua Umum DAD Kalteng Agustiar Sabran. Dikatakan Yulindra, tujuan dari acara hasupa hasundau adalah untuk mengimplementasikan salah satu peran Dewan Adat Dayak sebagai mitra pemerintah daerah dalam menyosialisasikan kearifan lokal dari falsafah hidup masyarakat adat Dayak yang hidup di Kalimantan Tengah yakni falsafah huma betang.

“Kegiatan ini tak lain dalam rangka menjalin silaturahmi seluruh masyarakat Kalimantan Tengah tanpa melihat latar belakang suku, agama, ras, ataupun golongan,” kata Yulindra.

Yulindra juga berharap agar melalui kegiatan hasupa hasundau makin mempererat tali persatuan dan kesatuan antarumat beragama di Kalteng. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Ketua Umum DAD Kalteng H Agustiar Sabran mengaku senang bisa menghadiri hasupa hasundau dalam rangka perayaan Natal 2022 dan menyambut tahun baru 2023 yang diadakan oleh pengurus DAD Kalteng.

Menurutnya, terselenggaranya acara tersebut merupakan salah satu bukti bahwa toleransi antarwarga di Kalteng masih terawat dengan baik.

“Ini membuktikan toleransi masyarakat Kalteng,” ucap Agustiar sembari menambahkan bahwa masih ada rasa kebersamaan dalam keberagaman masyarakat di Kalteng ini.

Anggota Komisi III DPR RI ini juga mengucapkan selamat merayakan Natal tahun 2022 bagi umat Kristen, khususnya warga Dayak di Kalimantan Tengah. “Saya ucapkan selamat merayakan Natal kepada saudara-saudariku yang merayakan,” pungkas Agustiar. (sja/ce/ala/kpfm)

175 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.