Melanjutkan Hidup Ala Jaz Lewat Single Terbarunya, “Move On Tutorial”

JAZ

Setelah merilis album Transisi pada pertengahan 2022 lalu, kini Jaz kembali merilis single terbaru berjudul “Move On Tutorial”. Jika album sebelumnya memperlihatkan perubahan yang dialami Jaz dari album pertama hingga kini menjadi lebih dewasa, maka lagu terbaru ini akan mengajak kita untuk melanjutkan hidup alias move on. “Setelah album Transisi yang banyak menghadirkan eksperimen dari segi musik, rasanya lagu ini pas banget untuk menggambarkan bahwa aku move on ke fase berikutnya. Jadi, ini memang transisi perjalanan musik Jaz.”

Move on sebenarnya bisa dikaitkan dalam hal apa pun, namun lagu ini masih bicara soal cinta dan perjalanan hidup. “Setiap orang pasti pernah sedih dan tersakiti. Tapi, suatu saat, rasa sakit hati itu akan hilang dan digantikan oleh sesuatu yang baru. Entah itu dalam bentuk seseorang atau situasi yang baru. Untuk mengingatkan akan hal itulah, lagu “Move On Tutorial” ini lahir,” ujar pria kelahiran Brunei Darussalam, 5 Maret, ini.

Proses pembuatan single ini sendiri tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Jaz cukup menjalani workshop sekali dengan Kaleb J sebagai pencipta “Move On Tutorial”, dilanjutkan dengan rekaman, dan kemudian memasuki tahap mixing dan mastering. Total pengerjaannya memakan waktu satu bulan. Diakui Jaz, dari beberapa lagu ciptaan Kaleb J yang ditawarkan kepadanya, lagu ini langsung membuatnya jatuh cinta.

“Awalnya, aku ditanya, lagu seperti apa yang sedang aku dengarkan belakangan ini dan aku kasih beberapa judul lagu. Dari situ, mereka menangkap gaya musik seperti apa yang aku suka dan memberikan lagu ini. Musik dan temanya memang aku banget, tapi ada sedikit perubahan dari lagu-lagu yang terdahulu karena beat-nya terdengar seksi dan menghentak. Serunya kerja sama dengan teman baru adalah nuansa segar yang dihadirkan. Treatment audio dan sound-nya terasa lebih modern,” terangnya.

Meski waktu pengerjaannya tergolong cepat, bukan berarti karya ini lahir dengan mudah. Jaz sempat menghadapi kendala teknis. “Awalnya, aku pikir, rekaman single ini akan mudah. Paling hanya memakan 2-3 jam. Ternyata, karena kendala teknis, rekaman harus dilakukan berulang-ulang. Dari yang semangat, lama-lama jadi mulai terasa berat. Di situlah tantanganku, menjaga mood agar tetap bisa menyanyikan lagu ini dengan baik. Tapi, karena dikelilingi vibe baru, aku jadi merasa senang. Proses rekaman single ini juga jadi momen untuk belajar karena aku jadi dapat banyak hal baru dan masukan dari para musisi yang membantuku di sini. Di tengah obrolan kami, aku bisa belajar tentang formula penulisan lagu dan bagaimana pemilihan judul yang catchy dan unik. Ini jelas pengalaman yang berkesan.” Setelah merilis single “Move On Tutorial” sebagai penutup tahun 2022, Jaz berharap bahwa tahun mendatang akan menuju ke arah yang lebih baik lagi. “Karena event dan festival sudah mulai bermunculan lagi, aku berharap, di tahun 2023 nanti, apresiasi terhadap musik akan bisa lebih besar lagi. Menuju ke arah yang lebih baik, sesuai dengan single aku sekarang: move on. Selain itu, aku ingin mewujudkan cita-citaku untuk konser di tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Doakan saja.”(Sony Music ID)

37 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.