Jaga Persatuan Jelang Pesta Demokrasi

H Agustiar Sabran

PALANGKA RAYA-Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Agustiar Sabran SKom mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Pelaksanaan pesta demokrasi 2024 mendatang, baik pemilihan legislatif (pileg), pemilihan presiden (pilres), maupun pemilihan kepala daerah (pilkada) jangan sampai merusak silaturahmi yang sudah terjalin baik selama ini, hanya karena adanya perbedaan pilihan politik.

“Apalagi di tengah pandemi yang belum berakhir, inflasi, dan ancaman resesi ekonomi sehingga menjadi masa-masa yang penuh keprihatinan. Saya ajak kita semua untuk menyambut momen pesta demokrasi dengan semangat huma betang, dengan fondasi keagamaan, dan kebersamaan,” ucap Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng tersebut kepada Kalteng Pos, Senin (9/1).

Politikus PDIP itu mengajak semua pihak untuk membangun persaudaraan dan kebersamaan dalam menyukseskan Pemilu 2024 sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing, sehingga pesta demokrasi lima tahunan itu bisa berjalan lancar dan sukses.

Agustiar juga meminta segenap masyarakat yang mempunyai hak pilih untuk tidak golput, melainkan menggunakan hak pilih sesuai hati nurani, karena pilihan itu menentukan masa depan bersama. Selain itu, Agustiar juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

DAD mengapresiasi Polri dan TNI yang terlibat dalam pengamanan pilkada sebelumnya. Sebagai bentuk dukungan, DAD turut menerjunkan pasukan Batamad, Fordayak, dan Gerdayak untuk ikut serta menjaga kelancaran pelaksanaan pencoblosan.

“Mari kita sama-sama menjaga kamtibmas saat pilkada serentak dilaksanakan, khususnya di Bumi Tambun Bungai yang penuh keragaman ini. Setiap orang Dayak bertanggung jawab menjaga kamtibmas daerah ini, karena merupakan amanah dari leluhur,” terangnya.

Tak bisa dimungkiri, tiap pilkada pasti beredar isu dan info hoaks. Karena itu, semua pihak diminta untuk menahan diri, tidak mudah terprovokasi, serta arif dan bijaksana menyikapi, untuk kepentingan Kalteng yang lebih baik, Indonesia maju, demi Kalteng BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis. (nue/ce/ala/kpfm)

122 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.