20 Bacaleg Kota Diganti oleh Parpol

POLITIK

PALANGKA RAYA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya telah menerima 18 partai politik (parpol) peserta pemilihan umum (pemilu) 2024 yang menyerahkan dokumen perbaikan syarat bakal calon anggota legislatif (bacaleg). Berdasarkan dokumen-dokumen yang diterima KPU, ada sejumlah nama bacaleg yang diganti oleh parpol.

“Alhamdulillah, semua partai politik telah menyerahkan berkas perbaikan. Berdasarkan dokumen-dokumen yang telah disampaikan ke kami, terhitung ada 15 parpol yang melakukan perbaikan berkas dan ada beberapa nama bacaleg yang diganti dengan nama baru,” kata Ketua KPU Palangka Raya Ngismatul Choiriyah, Rabu (26/7).

Meski KPU belum merinci, tetapi ada 20 nama bacaleg yang diganti. Pergantian ini dilakukan karena ganda partai, pengunduran diri, dan BMS.

Ngismatul menyampaikan, meski pergantian bacaleg merupakan kebijakan dari parpol masing-masing, tetapi dokumen persyaratan yang harus dipenuhi tetap sama.

Ngismatul berterima kasih kepada semua parpol peserta pemilu 2024 yang telah menyerahkan dokumen perbaikan. Konteksnya adalah ada perbaikan atau terpenuhi dan sesuai. Mengenai kebenaranya, akan terjawab dalam tahap verifikasi administrasi perbaikan.

“Alhamdulillah, sampai dengan batas waktu yang ditentukan, 18 parpol peserta pemilu 2024 sudah menyerahkan dokumen perbaikan syarat sesuai dengan hasil verifikasi tahap pertama, selanjutnya kami laksanakan tahapan berikut,” katanya.

Jumlah awal bacaleg yang mendaftar 448 orang. Setelah tahap perbaikan dokumen berakhir, total becaleg 445 orang.

Ngismatul menyebut, KPU Palangka Raya sedang melakukan verifikasi dokumen perbaikan syarat bacaleg. Verifikasi itu dilaksanakan tanggal 10 Juli hingga 6 Agustus 2023.

“Semua dokumen perbaikan persyaratan yang sudah masuk ke sistem informasi pencalonan (Silon), kami lanjutkan ke tahap berikutnya, yakni penelitian atau verifikasi dokumen perbaikan syarat bakal calon legislatif,” paparnya. (irj/ce/ram/kpfm)

171 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.