Masyarakat Usulkan Bintek Pengelolaan Dana Desa

Hj Rusita Irma
Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kalteng Bidangi Hukum, Pemerintahan dan Keuangan

PALANGKA RAYA-Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalteng Bidangi Hukum, Pemerintahan dan keuangan Hj Rusita Irma mengatakan, masyarakat di Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas berharap adanya Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes).

“Bimbingan Teknis memang sangat penting bagi masyarakat khususnya bagi aparatir desa untuk memahami sistem pengelolaan APBDes,” katanya kepada media, beberapa waktu lalu.

Anggota Dewan dari Dapil Kalteng V (Kapuas dan Pulang Pisau) ini menambahkan, adanya bimtek berkelanjutan mengenai pengelolaan APBDes ini nantinya bertujuan agar pengelolaan dan pelaporan kegiatan dana desa dapat dipertanggungjawabkan dengan benar, serta dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk pembangunan desa.

Politikus Partai PKB DPRD Kalteng ini juga mengatakan, selain berharap adanya Bimtek pengelolaan APBDes, masyarakat setempat juga mengharapkan adanya pembuatan peraturan desa yang bisa mengatur angkutan jalan masuk dan dalam desa di wilayah setempat.

“Peningkatan pelayanan pemerintah juga menjadi aspirasi masyarakat, agar mendapat kemudahan dalam birokrasi, khususnya bagi masyarakat kalangan bawah yang tidak mengerti aturan. Apalagi dengan adanya harapan pembuatan peraturan desa yang bisa mengatur angkutan jalan masuk dan dalam desa di wilayah setempat” ujarnya.

Kendati demikian, aspirasi lain yang disampaikan masyarakat yakni bantuan perbaikan rumah ibadah yang ada di wilayah setempat yang mengalami kerusakan di beberapa bagian, terutama bagian dinding yang mulai keropos, perbaikan sejumlah ruas jalan dan penambahan penerangan jalan, serta kesejahteraan kader posyandu setempat.

Sedangkat terkait perekonomian, masyarakat berharap pemerintah bisa memfasilitasi adanya kerja sama antara masyarakat dengan investor dalam pengelolaan lahan masyarakat, melalui penyediaan teknologi cocok tanam benih atau dengan teknologi lainnya dengan pola bagi hasil. (hms/nue/ans/kpfm)

104 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.