AFGAN – SHALLOW WATER

Pada 2 Februari 2024, Afgan merilis single berjudul “Shallow Water”. Lagu tersebut merupakan salah satu track dari album berbahasa Inggris terbarunya di bawah naungan EMPIRE dan Trinity Optima Production, yakni “Sonder”.

Setelah sebelumnya Afgan melakukan rekaman album bahasa Inggris pertamanya, “Wallflower”, di Amerika Serikat, kali ini rekaman “Sonder” sepenuhnya dilakukan di London, Inggris.

“Hari itu, entah kenapa aku merasa gloomy dan sedih. Lalu, setelah berdiskusi dengan James Essien (songwriter), Adam Knight (songwriter), dan Maestro (produser single “What Now” milik Rihanna), kami sepakat untuk menulis lirik sesuai mood aku dan terciptalah lagu emotional ballad berjudul “Shallow Water” ini,” jelas Afgan.

Lirik “Shallow Water” adalah sebuah metafora akan emotional baggage seseorang; trauma masa lalu dan luka batin yang sukar disembuhkan dalam hubungan. Hal-hal tersebut dapat menghalangi seseorang untuk memulai hubungan baru.

“Let’s stay here.

One foot in the ocean, one foot on the sand.

Let’s keep it like that.”  

“Secara personal, aku melewati apa yang aku kisahkan di lagu tersebut. Emotional baggage itu muncul ketika kita mulai merasakan perasaan yang dalam dengan seseorang di hubungan yang baru. Jadi, kamu harus berdamai dulu dengan semua emotional baggage-mu agar tak ada yang kecewa. Take it slow, jangan membuat keputusan besar dengan tiba-tiba,” ucap Afgan.

Video musik “Shallow Water” digarap oleh Shadtoto Prasetio dan banyak pesan subliminal di dalamnya. Afgan ingin orang-orang yang menikmati video klipnya berimajinasi dan memiliki interpretasi yang beragam akan hal-hal yang dihadirkan. Tema utama video musik “Shallow Water” adalah, ‘When it comes to love, it takes two people to tango’,”kata Afgan.

“Cause this don’t feel like shallow water, baby.

Maybe we should take a sec before we end up in the bottom and we’re too deep.”

“Shallow Water” adalah single pertama album berbahasa Inggris ke-2 Afgan yang akan datang, yakni “Sonder”, di bawah naungan label Amerika Serikat EMPIRE dan Trinity Optima Production. Terkait “Shallow Water” dan “Sonder”, Afgan akan mengadakan showcase di New York pada 15 Februari dan Los Angeles pada 16 (sold out) dan 17 Februari mendatang. Sebelumnya, pada tahun 2021, Afgan merilis album berbahasa Inggris pertamanya yang bertajuk “Wallflower”. Album yang telah meraih 68,5 juta streams di beberapa digital streaming platforms dan menduduki peringkat #1 di Netease itu memiliki beberapa single andalan, yakni “Say I’m Sorry”, “M.I.A” yang berkolaborasi dengan Jackson Wang, “If I Don’t Have Your Love”, dan “Touch Me (Remix)” bersama Robin Thicke.

198 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.