Hari Radio Sedunia 2024

Sejarah Hari Radio Sedunia yang Dicanangkan UNESCO

Sejarah Hari Radio Sedunia diawali tahun 2011 setelah pertama kali dicanangkan oleh UNESCO, yang kemudian diadopsi oleh Majelis Umum PBB sebagai hari internasional.

Hingga akhirnya, Hari Radio Sedunia atau World Radio Day disepakati pertama kali pada 13 Februari 2012. Simak sejarah Hari Radio Sedunia selengkapnya di artikel ini.

Sejarah Hari Radio Sedunia

Hari Radio Sedunia diperkenalkan pertama kali pada 3 November 2011 dalam Konferensi Umum ke-36 UNESCO. Namun, sebenarnya, Hari Radio Sedunia diusulkan oleh Kerajaan Spanyol pada 20 September 2010.

Setelah diskusi dengan anggota UNESCO pada saat itu, akhirnya 91% peserta mendukung pembentukan Hari Radio Sedunia yang dituangkan dalam dokumen resmi.

Radio adalah sebuah media yang dikatakan mampu merayakan kemanusiaan dalam segala keberagamannya dan merupakan sebuah sarana demokrasi.

Radio sudah ada sejak tahun 1800-an sehingga dapat dikatakan bahwa media tersebut sudah memasuki abad kedua berdasarkan website resmiUNESCO.

Radio merupakan sebuah teknologi, ilmu pengetahuan, sarana komunikasi, dan sistem pemrograman elemen audio yang masih sangat relevan hingga sekarang.

Radio saat ini pun masih menjadi media yang paling banyak dikonsumsi karena kemampuannya untuk menjangkau masyarakat secara luas.

Radio unggul sebagai media portabel dalam keadaan darurat juga pemadaman listrik yang disebabkan oleh bencana alam dan bencana oleh manusia. Stasiun radio harus mampu melayani komunitas yang beragam, menawarkan berbagai program, sudut pandang, dan konten.

Radio juga merupakan media berbiaya rendah yang cocok untuk menjangkau komunitas dan masyarakat terpencil terlepas dari status sosial dan pendidikan masyarakat.

Perayaan Hari Radio Sedunia Tahun 2024

Melalui website resmi United Nations, Hari Radio Sedunia tahun 2024 ini akan mengusung tema merayakan masa lalu radio yang kaya, relevansi yang berkelanjutan, dan masa depan yang menjanjikan.

Peringatan tahun 2024 ini menyoroti sejarah radio dan dampaknya yang kuat terhadap perkembangan berita, drama, musik, dan olahraga.

Namun, radio saat ini menghadapi tantangan jumlah pendengar dan pendapatan. Oleh karena itu, PBB mengundang industri radio global untuk bergabung dalam perayaan internasional ini.

Demikian adalah sejarah Hari Radio Sedunia yang dirayakan setiap 13 Februari.

437 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.