Kenali Lebih Dalam Mengenai Kesadaran Otak

Oleh; Sarita Sharchis
Neurologi RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya

KESEHATAN

OTAK merupakan organ yang sangat penting pada tubuh manusia. Bila otak mengalami gangguan, maka tubuh manusia tidak akan berfungsi. Otak berisi pembuluh darah, saraf, dan neuron. Salah satu fungsi utama otak adalah menciptakan kesadaran pada diri manusia. Bagaimanakah cara otak menciptakan kesadaran itu? Kesadaran telah menjadi satu topik terpenting dalam ilmu pengetahuan zaman sekarang.

Tahun 2001, Zeman menguraikan bahwa kata consciousness berasal dari bahasa Latin yang dibentuk dari kata cum yang berarti with (dengan) dan scio yang berarti know (tahu). Kata menyadari sesuatu dalam bahasa Latin adalah membagi pengetahuan tentang sesuatu itu dengan orang lain atau diri sendiri. Kata conscious (sadar) dan consciousness (kesadaran) pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada awal abad 17 (Lewis, 1960).

Otak manusia diibaratkan sebagai tempat penyimpanan, pusat kepribadian, kesadaran, emosi, maupun gerak. Otak adalah bagian tubuh yang digunakan, tetapi jarang diperhatikan kesehatannya. Padahal aktivitas sehari-hari ditentukan oleh kinerja otak. Para peneliti mengidentifikasikan area pada korteks yang terhubung dengan rostral dorsolateral pontine tegmentum yang berfungsi untuk mengatur kesadaran manusia. Pusat pengaturan kesadaran secara anatomi terletak pada serabut transversal retikularis dari batang otak sampai thalamus, dan dilanjutkan dengan formasio activator reticularis yang menghubungkan thalamus dengan korteks cerebri.

Otak manusia adalah pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc. Otak mengatur dan mengkoordasi sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh, dan suhu tubuh. Otak memiliki peranan penting terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Otak dan sel saraf di dalamnya dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif.

Dalam perkembangan dan perjalanan sel otak, terdapat dua jenis perkembangan, yaitu simetris dan asimetris. Proses pembelahan dan pertambahan sel ini tidak terlepas dari protein yang mengatur. Cara berinteraksi dalam otak dibagi menjadi tiga garis besar, yaitu jalur proyeksi, asosiasi, dan komisi. Jalur proyeksi terbentuk dari luar otak tengah ke dalam. Maksudnya adalah dari pusat motorik menuju pusat otak tengah. Umumnya jalur proyeksi ini dikenal sebagai jalur kesadaran. Kedua, jalur asosiasi yang lebih kompleks dari jalur lainnya. Ketiga adalah jalur komisi. Jalur ini berhubungan antara otak kanan dan kiri.  Masing-masing memiliki tugas berbeda, sehingga harus terkoneksi dengan baik.

Kesadaran memiliki tiga dimensi penting, yaitu pertama terjaga atau gairah fisiologis awareness (kesadaran) atau kemampuan untuk memiliki pengalaman mental sadar, termasuk pikiran, perasaan, dan persepsi organisasi sensorik, atau bagaimana persepsi yang berbeda dan konsep yang lebih abstrak.

Kedua, dimensi tersebut saling berinteraksi untuk menghasilkan kesadaran secara menyeluruh dari waktu ke waktu. Misalnya, saat terjaga, Anda berada dalam keadaan kesadaran tinggi. Namun saat Anda tertidur pada malam hari, kewaspadaan tersebut akan menurun.

Ketiga, kewaspadaan dan gairah fisiologis yang meredup tadi akan kembali lagi. Hal itu terjadi selama Anda masuk ke fase tidur atau rapid eye movement (REM), yaitu saat mimpi yang seperti kenyataan.

Kesadaran penuh dalam dapat melakukan berbagai tugas kognitif, motorik, serta emosional pada otak manusia sangat bergantung pada hubungan antara bagian otak antara satu dengan lainnya. Lantas, bagaiman cara agar kesehatan dan kemampuan kognitif otak tetap sehat? Salah satu cara adalah membuat jurnal. Belajar hal baru. Otak manusia akan menciptakan aliran arus syaraf dengan

mempelajari hal-hal baru. Ambil waktu singkat untuk beristirahat secara berkala. Gunakan tubuh Anda untuk membantu Anda mempelajari sesuatu. Brain gym dapat membantu dalam hal pemahaman, konsentrasi, berpikir abstrak, daya ingat, maupun kemampuan menyelesaikan tugas.

Selain itu, jauhi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat dalam bentuk apa pun. Manfaatkan tiap waktu. Olahraga dapat membantu membentuk kembali otak manusia untuk mencapai kinerja optimal. Juga tidak lupa untuk mengonsumsi antioksidan karena antioksidan dapat melindungi sel-sel tubuh, termasuk sel otak.

Oleh karena itu, mulailah untuk lebih peduli terhadap kesehatan otak Anda. Menjaga kesehatan otak cukup mudah. Hindari makanan siap saji, perbanyak mengonsumsi air putih, konsumsi omega-3, dan hindari karbohidrat olahan. Lakukan brain screening agar dapat mengetahui kebutuhan otak Anda. (*/kpfm)

61 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.