Halo Matahari Muncul di Langit Kota Cantik

(Mesjid Agung Darus Salam) Langit Kota Palangka Raya berubah menjadi indah pasalnya ada fenomena halo Matahari Halo, Minggu (31/3)

PALANGKA RAYA-Ada fenomena alam yang menarik terjadi di langit Kota Cantik Palangka Raya, Minggu (31/3) sekitar pukul 13.00 Wib. Matahari dikelilingi dengan cincin berwarna keunguan. Fenomena tersebut dinamakan fenomena Halo Matahari.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tjilik Riwut Palangka Raya, Lian Adriani menjelaskan, fenomena tersebut merupakan salah satu fenomena alam yang dinamakan fenomena Halo Matahari. Halo adalah fenomena optikal berupa lingkaran cahaya di sekitar Matahari atau Bulan. Fenomena Halo Matahari adalah lingkaran seperti pelangi yang mengelilingi matahari.

“Halo matahari akan terjadi akibat adanya awan tinggi yang sangat dingin berupa kristal es, seperti awan Cirrus,” ujarnya.

Ketika sinar matahari mengenai bentuk kristal, cahaya matahari akan terpecah ke dalam beberapa warna seperti pada proses terjadinya pelangi. Kemudian sinar matahari yang terpecah ke dalam beberapa warna tersebut dipantulkan ke arah tertentu (di sekitar matahari) dan menjadi cincin cahaya di sekitar matahari.

Jadi itu bukan suatu hal yang aneh dan BMKG berharap kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya apabila halo ini dikait-kaitkan dengan keadaan tertentu. “Jangan mudah percaya dengan isu-isu yang belum tentu kejelasan informasinya. Terimakasih,” pungkasnya. (*ana/ala/kapos)

669 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.