Meriahnya Lomba Sepak Sawut dan Tari Pesisir

Tari pesisir dilombakan pada acara FBIM

KPFM, PALANGKA RAYA – Lomba Sepak Sewut dan Tari Pesisir digelar pada Festival Budaya Isen Mulang 2019, acara ini begitu Meriah. permainan ini dilombakan pada hari ke-3 Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 dimulai, tepatnya hari Rabu 19 Juni 2019 Pukul 19.00 WIB di Lapangan Terbuka UPT. Taman Budaya Kota Palangka Raya.

Dalam Peraturan permainan Sepak Sawut, atau pertandingan Bola Api ini, sama seperti permainan Sepak Bola pada umunya. Namun keunikan dari permainan Sepak Sawut ini ialah memakai bola api sebagai bolanya, tepatnya adalah Batok Kelapa yang disiram minyak tanah kemudian disulut api.

Permainan tradisional ini sudah ada sejak dahulu kala di Tanah Kalimantan, dimana permainan ini selain menguji kekuatan dan kekompakan, juga memberikan hiburan. Para pemainnya juga adalah orang-orang terpilih yang sudah terlatih.

Perlombaan yang dilaksanakan tadi malam berhasil, menyita perhatian masyarakat untuk  melihat permainan Sepak Bola yang tak biasa ini. Bahkan para Turis Asing pun ikut menyaksikan pertandingan ini dalam jarak dekat.

“Perlombaan ini tetap diikutkan agar generasi kedepan, tetap mengenal olahraga tradisional leluhur Kita dulu mainkan. Selain medapatkan tubuh yang sehat, kita juga dapat membangun solidaritas dan kekompakkan dalam tim,” Ucap Ardiansyah selaku Panitia dan wasit pertandingan kepada Reporter KPFM di lapangan UPT. Taman Budaya.

Tak jauh dari lapangan Sepak Sawut, di gedung petunjukkan UPT. Taman Budaya juga menggelar pertunjukkan Tari Pesisir yang diikuti oleh Kabupaten-Kabupaten di Kalimantan Tengah. Antusias masyarakat pun tak kalah menarik, ada yang mencari hiburan bahkan juga ada yang datang untuk memberi dukungan untuk kabupaten kesayangannya. Pertunjukkan yang ditampilkan pun tak kalah menarik, bahkan penonton semakin memadati tempat duduk hingga kehabisan tempat dan memilih untuk melantai.

Pertunjukkan Tari Khas ini juga berhasil menarik perhatian Turis Asing yang sengaja datang untuk melihat keunikan tarian khas dari Indonesia, khususnya dari Tanah Kalimantan Tengah. (tom*/dha-KPFM)

  • sep2
  • Tari-pesisir-dilombakan-pada-acara-FBIM11
  • Tari-pesisir-dilombakan-pada-acara-FBIM1

81 Views

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *