Pancasila Menjadi Dasar Negara

Lahirnya pancasila tanggal 1 Juni 1945 dalam sidang Badan Penyelidik usaha Persiapan Kemerdekaan atau dalam bahasa jepangnya Dokuritsu Junbi Cosakai   oleh mantan Ketua BPUPKI Dr Radjiman Wedyodiningrat, Konsep yang diterima adalah Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan beradab, persatuan indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh  hikmat kebijaksanaan Permusyawaratn Perwakiln dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Hal inilah yang disepakati BPUPKI`

kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yang dikutip dari kitab Negarakertagama yaitu “Pantjasyila”. Juga Ditemukan dalam buku Sutasoma karangan Mpu Tantular karangan kerajaan majapahit pada   ke abad XIV Masehi. Dimana buku tersebut mengajarkan 5 perintah larangan yaitu dilarang melakukan kekerasan, dilarang mencuri, berjiwa dengki, dilarang berbohong dan dilarang mabuk karena minuman keras. Konsep yang diajukan oleh Ir. Soekarno yaitu 5 Pancasila. Indonesia bukan negara agama tetapi indonesia menganut sistem pancasila.

Agama budha yang ditati pengikutnya sama dengan agama hindu. Pengikut Siddhartha Gautama memiliki 5 moral yang wajib dianut agama budha yaitu tidak boleh membunuh, tidak boleh mengambil barang yang diberikan,tidak boleh berbuat asusila, tidak boleh berdusta dan tidak boleh minum minuma keras. Ini hampir sama dengan agama hindu,

Pancasila menurut pandangan Kristen Khatolik, saat itu Ir. Soekarno berguru dengan  dengan Pastor Kristen Khatolik di pulau ende ,di flores bernama Peter Gerardus Huijtink  SVD. Pastor itu mempersilahkan Ir. Soekarno untuk membaca buku-bukunya sehingga terbukalah wawasan Ir. Soekarno bahwa indonesia milik semua agama.

Ormas islam mendirikan dan menyusun pancasila yaitu Serikat Islam, Muhamdiyah, Nahdhatul Ulama (NU), Ahmadiah, dan Persatuan Islam.

-Nahdlatul Ulama (NU)  didirikan oleh K.H. Hasyim Asy’ari 31 january 1926. Kedekatan Ir.Sukarno dengan K.H. Hasyim Asy’ari  membuat mereka sering mengirimkan surat. Ir sukarno terinspirasi dari pesan pidato dan khotbah K.H. Hasyim Asy’ari  tentang kemanusiaan yang adil dan beradab yaitu  memanusia kan masyarakat.

-Muhamadiyah yang didirikan 18 november 1912 oleh  Kyai Haji Ahmad Dahlan kedekatannya sebagai guru spiritual agama islam Ir. Sukarno yang membuat Ir.Sukarno mendapatkan renungkan Persatuan Indonesia.

-Ahmadiyah  didirikan oleh tuan Maulana Rahmat Ali, Ir. Sukarno sering berkunjung dijalan gerobak  terkait dengan masalah Tuhan Tuan ahmad, ir soelarno  di Jl gang gerobak. Kedekatannya ini terlahir sila Ketuhanan yg Maha Esa, saat itu Ir. Sukarno menempatkan KeTuhanan yang Maha Esa ke Sila ke lima tetapi beliau mengatakan harus sila pertama.

-Persatuan Islam (Persis) didirikan  12 september 1923 oleh Haji Zamzam dan Haji Muhammad Yunus saat itu ketika ada perbedaan pendapat mereka debat publik sehingga terlahirkan sila kelima keempat yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan alam permusyawaratan perwakilan.

Nashir Hayatul Islam dari Komunitas Bela Indonesia DPW Propinsi Kalimantan Tengah mengatakan  dalam Talk Show KPFM Senin, 17 Juni 2019 di Gedung Biru Jl Tjilik Riwut Km 3 Kota Palangka Raya mengatakan Kehancuran negara timur tengah /menganut konsep syariat islam sperti mesir, irak, iran, libanon, palestina. Sebenarnya jangan dicampurkan dengan urusan politik. Pancasila diera milenial  ini , anak muda jangan sembarang mengkosumsi bacaan artikel baik video yg diinternet yg menganut paham radikalisme. Tugas kami memberi materi kepada mahasiwa baru dan pelajar disekolah SMP dan SMA. Pancasila haruslah menjadi dasar negara Indonesia. Semua ajaran dari kitab suci itu baik tatapi kita harus menghargai perbedan yg ada. (den*/dha-KPFM)

Link Terkait

204 Views

About The Author

Related posts