Ketahui 4 Manfaat Matcha untuk Kesehatan

jpnn.com – Matcha, minuman khas Jepang ini memang sudah lama disukai banyak orang karena banyak sekali manfaat sehat mengonsumsinya. Dengan warna hijaunya yang khas serta rasanya yang unik di lidah, matcha (teh bubuk yang berwarna hijau) bahkan menjadi salah satu minuman paling sehat di dunia.

Inilah beberapa manfaat kesehatan mengonsumsi matcha, seperti dilansir laman Virginmediatelevisions, Minggu (15/9).

1. Tinggi antioksidan

Matcha adalah sumber katekin yang kaya, antioksidan alami yang ditemukan dalam tanaman. Penelitian telah banyak menemukan bahwa antioksidan bisa membantu memperlambat proses penuaan dengan menstabilkan radikal bebas, senyawa yang menyebabkan kerusakan sel dan bisa berkontribusi pada beberapa penyakit kronis.

Tidak seperti teh hijau, di mana daunnya diinfuskan ke dalam air panas dan kemudian dibuang, peminum matcha mengonsumsi daunnya, sehingga memberikan tendangan antioksidan yang lebih besar. Satu studi yang dilakukan oleh University of Colorado menemukan bahwa kandungan katekin dalam matcha sekitar 137 kali lebih besar daripada teh hijau biasa.

2. Ini akan memberi Anda dorongan energi yang kuat daripada kopi

Matcha mengandung kafein, tetapi juga tinggi akan L-Theanine, yang membuat Anda jauh lebih berenergi. L-Theanine menyebabkan pelepasan kafein ke dalam tubuh secara perlahan, dan memiliki efek menenangkan dan membuat Anda rileks.

3. Bisa meningkatkan ‘oksidasi lemak’

Sebuah studi yang dilakukan oleh tiga universitas berbeda tahun lalu meneliti efek matcha terhadap respon metabolik selama jalan cepat untuk wanita. Para peneliti menemukan bahwa jika partisipan minum tiga cangkir matcha sehari sebelumnya dan satu cangkir matcha dua jam sebelum jalan cepat selama 30 menit, maka mereka bisa meningkatkan oksidasi lemak yang diinduksi olahraga, alias membakar lemak.

4. Anda bisa mencobanya dalam banyak bentuk yang berbeda

Hal yang hebat tentang matcha, selain dari rona hijaunya yang khas, adalah bahwa matcha juga adalah bahan memasak yang sangat serbaguna.  Selain bisa diminum dalam bentuk minuman panas, matcha bubuk bisa digunakan untuk bahan membuat kue dan campuran adonan pancake, digunakan sebagai campuran es krim dan smoothie.(fny/jpnn)

251 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.