5 Khasiat Biji Buah Jarak untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

jpnn.com – Jarak adalah tumbuhan liar yang tumbuh di hutan, tanah kosong, dan pinggiran pantai. Biji buah jarak memiliki banyak manfaat.

Selain bermanfaat untuk bahan bakar minyak, biji buah jarak juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Rabu (23/10).

1. Memerangi rematik

Biji jarak kaya akan asam oleat, asam risinoleat, asam linoleat dan berbagai jenis asam lemak. Ketiga asam ini sangat bermanfaat dalam mengobati encok dan rematik. Minyak yang diekstraksi dari biji-biji ini memiliki sifat penetrasi cepat yang karenanya, ketika Anda menerapkan minyak jarak pada daerah yang terkena, maka Anda mendapatkan bantuan segera. Seringkali minyak jarak dicampur dengan bumbu lain dan minyak esensial dengan sifat obat untuk meningkatkan efek dan hasilnya. Aplikasi reguler sangat penting untuk hasil yang tahan lama.

2. Meredakan nyeri menstruasi

Pendarahan yang berlebihan bisa membuat mereka anemia dan menyebabkan depresi dan insomnia. Sifat emmenagogue asam risinoleat yang ditemukan dalam minyak biji jarak membuka aliran menstruasi dan meredakan rasa sakit serta kram. Ini efektif dalam menghilangkan rasa sakit yang hebat selama menstruasi dan pembukaan.

3. Merangsang proses laktasi

Minyak jarak memudahkan aliran susu dan meningkatkan jumlah susu. Asam lemak yang terkandung dalam minyak biji jarak memastikan pasokan susu secara teratur pada ibu menyusui dan meningkatkan jumlah susu saat bayi tumbuh. Namun, Anda harus menggunakan minyak jarak yang telah diekstraksi dari biji jarak melalui proses kompres dingin dan itu juga dalam jumlah yang sangat kecil, atau hal itu bisa merugikan bayi Anda.

4. Perawatan kulit

Pengaplikasian minyak biji jarak memang bukan masalah bagi kulit kering, kulit berjerawat, dan stretch mark. Minyak jarak digunakan dalam krim anti-stretch mark yang berbeda untuk mencegah pembentukan stretch mark selama kehamilan atau saat Anda kehilangan berat badan. Telah terbukti sama efektifnya dalam mengobati infeksi kulit biasa dan masalah seperti infeksi jamur dan ragi dan kutil. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Celupkan bola kapas ke dalam minyak jarak. Oleskan langsung ke area yang terkena. Biarkan selama sekitar satu jam, lalu basuh dengan air hangat. Ulangi proses ini dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat. Jika area yang dirawat kecil, Anda bisa menggunakan plester dengan merendamnya dalam minyak jarak dan kemudian menggunakan plester yang direndam pada area yang bermasalah.

5. Agen pelembab

Minyak jarak berfungsi sebagai pelembab yang kaya. Karena sarat dengan asam lemak, maka minyak jarak akan secara mudah menembus kulit, memberikan bantuan instan dari kulit yang kering dan pecah-pecah. Anda bisa menggunakannya sebagai agen pelembab di paket wajah Anda untuk menghilangkan bercak kering dan menyembuhkan kulit kering.

Namun, pastikan bahwa Anda hanya menggunakan sedikit minyak ini karena kandungan asam lemaknya tinggi dibandingkan dengan minyak nabati. Anda bisa menggunakannya secara teratur sebagai pelembab. Oleskan beberapa tetes minyak biji jarak pada wajah Anda setiap malam dan biarkan hingga keesokan harinya.(fny/jpnn)

20 Views

About The Author

Related posts