Menang di Kandang Ajax, Chelsea Pimpin Grup H Liga Champions

jpnn.com, AMSTERDAM – Chelsea memetik kemenangan saat bertandang ke markas Ajax dalam lanjutan penyisihan Grup H Liga Champions di Stadion Johan Crujff, Amsterdam, Kamis (24/10) dini hari WIB.

Michy Batshuayi mencetak gol semata wayang penentu kemenangan bagi Chelsea pada menit ke-86, setelah gol Quincy Promes untuk Ajax pada babak pertama dianulir.

Berkat kemenangan tersebut Chelsea berhasil menggusur Ajax dari puncak klasemen sementara Grup H. Kendati keduanya sama-sama memiliki enam poin, Chelsea unggul catatan pertemuan dari Ajax sehingga berada di posisi lebih tinggi. Sementara Valencia berada di posisi ketiga dengan empat poin dan Lille di peringkat keempat dengan satu poin.

Chelsea memang tampil cukup agresif kendati bermain di kandang lawan dan sempat mengancam gawang tuan rumah pada menit ke-15. Masoun Mount merangsek ke dalam kotak penalti dan berusaha memperdaya kiper Andre Onana, namun legiun Kamerun itu berhasil mengantisipasi tembakan di area tiang dekat.

Kemudian pada menit ke-27, Marcos Alonso melepaskan umpan yang tak mampu dijangkau Tammy Abraham, tetapi jatuh di kaki Callum Hudson-Odoi, sayang tembakan volinya masih melenceng dari sasaran.

Keasyikan menyerang, gawang Chelsea kebobolan pada menit ke-35 saat Promes menyontek bola pantul tembakan Hakim Ziyech yang sempat membentur tiang gawang. Namun, wasit berkonsultasi dengan VAR sebelum menganulir gol tersebut karena Promes dipastikan berada dalam posisi offside.

Empat menit berselang, Ajax kembali memperoleh peluang namun tembakan Promes berhasil dihalau oleh Cesar Azpilicueta.

Memasuki babak kedua Ajax masih memiliki kendali permainan dan pada menit ke-60 Edson Alvarez berhasil menanduk umpan sepak pojok Promes yang sudah tak mampu diantisipasi kiper Kepa Arrizabalaga, namun bolanya membentur tiang gawang.

Kendali pertandingan kembali berpindah ke tangan Chelsea namun peluang-peluang mereka tak kunjung membuahkan hasil, hingga akhirnya pada menit ke-86 mereka bisa mencuri keunggulan lewat Batshuayi.

Berawal dari aksi impresif Christian Pulisic menyisir sisi sayap kiri sebelum melepaskan umpan tarik yang sedikit jauh namun bisa dijangkau oleh Batshyuahi dengan tembakan yang tak mampu diselamatkan Onana.

Ajax berusaha untuk bangkit, tetapi waktu tersisa terlalu pendek sehingga mereka harus rela membiarkan Chelsea pulang dari Amsterdam mengantongi tiga poin penuh. (antara/jpnn)

Susunan pemain:

Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Sergino Dest, Joel Veltman (Klaas-Jan Huntelaar), Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Edson Alvarez, Lisandro Martinez; Hakim Ziyech, Donny van de Beek, Quincy Promes (David Neres); Dusan Tadic
Pelatih: Erik ten Hag

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Kurt Zouma, Fikayo Tomori, Marcos Alonso; Mateo Kovacic, Jorginho, Mason Mount; Willian (Christian Pulisic), Tammy Abraham (Michy Batshuayi), Callum Hudson-Odoi (Reece James)
Pelatih: Frank Lampard

311 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.