Jaga dan Rawat Kearifan Lokal di Bumi Tambun Bungai

Kapolres Kobar AKBP E Dharma B Ginting ketika mengikuti tarian khas Dayak saat berkunjung ke Desa Pandau, di wilkum Kobar. (POLRES KOBAR UNTUK KALTENG POS)

PANGKALAN BUN-Kekayaan dan keanekaragaman budaya di Kalteng patut dilestarikan. Demi menjaganya, Kapolres Kobar AKBP E Dharma B Ginting meminta semua pihak untuk merawat kearifan lokal Bumi Tambun Bungai. Seperti yang dilakukannya saat safari kamtibmas di wilayah hukum Kobar, tepatnya di Desa Pandau, Kecamatan Aruta, Senin siang (13/1).

Saat itu, kapolres disambut dengan adat setempat. Ia bahkan, ikut menari tarian khas Dayak.”Kami ingin agar seluruh masyarakat ikut menjaga dan melestarikan budaya yang sangat kaya ini. Jangan sampai punah karena kemajuan zaman,” katanya.

Menurutnya, apa yang disampaikan ini sebagai bentuk perhatian jajaran kepolisian. Karena polisi sendiri tidak hanya bekerja menegakkan hukum, tetapi juga ikut mendukung kemajuan daerah melalui budaya.

“Polisi akan selalu senantiasa mendorong dan membantu menjaga pelestarian budaya tersebut. Jangan sampai nantinya situs budaya dan keanekaragamannya dicuri dan disalahgunakan untuk kepentingan melanggar hukum,” ujarnya.

Ia berharap dukungan seluruh masyarakat untuk ikut merawat dan menjaga serta melestarikan budaya yang sudah turun temurun tersebut. Pihaknya ingin nantinya budaya yang ada ini bisa dikenal tidak hanya dikancah nasional, tetapi juga dunia.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Desa Pandau Wedi mengucapkan terima kasih atas kunjungan pertama kali yang dilaksanakan kapolres. “Upacara adat ini adalah salah satu bentuk penghormatan kami atas kunjungan bapak dan rombongan di desa,” katanya. (son/hms/ami)

214 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.