Manfaat Rempah-Rempah Sebagai Obat Tradisional

SIGIT K YUNIANTO

PALANGKA RAYA- Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto belum lama ini mengunjungi Desa Tumbang Manggu, di sana dirinya banyak mendapat masukan dan mempelajari cara masyarakat melakukan pengobatan melalui obat tradisional terutama obat-obatan yang berbahan dasar rempah-rempah dipercaya masyarakat disana mampu menyembuhkan serta menangkal berbagai penyakit.

“Rempah-rempah biasanya banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan jamu. Namun ada beberapa jenis rempah-rempah juga dapat dijadikan obat yang mujarab,” kata Sigit kepada media Kalteng Pos (Grup Kaltengpos.co), Selasa (17/3).

Politikus PDI Perjuangan ini juga menjelaskan, rempah-rempah bisa berasal dari biji, akar, daun, bunga, kuncup, kulit, atau buah dari tanaman. Selain digunakan masyarakat sebagai bumbu dasar, rempah-rempah yang tinggi kandungan antioksidan dan anti inflamasinya dipercaya masyarakat Kalteng terutama Suku Dayak dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit kronis.

“Rempah-rempah tradisional sangat aman dikonsumsi oleh anak-anak sejauh pengolahannya masih murni dan tidak mengandung bahan kimia. Untuk itu mulai saat ini saya berharap kepada masyarakat meningkatkan kesadaran akan besarnya manfaat dari rempah-rempah yang dijadikan sebagai obat tradisional,” harap Sigit.(pra/ari)

Editor :dar
Reporter : pra/ari

187 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.