Warga : Terima Kasih Pak Ben-Nafiah Telah Menepati Janji Membangun Jembatan dan Telah Diresmikan

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat saat disambut anak-anak usai meresmikan Jembatan Sare Pulau di Desa Pulau Mambulau, Kecamatan Bataguh, beberapa waktu lalu. (GAZALI KAZMAH/KALTENG POS)

KUALA KAPUAS – Proses pembangunan jembatan Sare Pulau Lengkung Baja di Desa Mambulau Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas memakan waktu tiga tahun.  Kontruksi ini merupakan pertama kali dibangun di Kabupaten Kapuas. Bangunan jembatan tersebut sudah diresmikan Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat, MM, MT, Kamis(12/3) lalu.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP), Teras, ST, proses pembangunan jembatan dengan kontruksi baja melengkung itu, dikerjakan secara bertahap dari tahun 2017 hingga 2019 selesai. Barulah di tahun 2020 ini, diresmikan.

“Ini pertama kali kita mengerjakan jembatan lengkung dengan kontruksi rangka baja,” ungkap Teras, kemarin, Senin (16/3)

Teras mengakui, pembangunan jembatan tersebut menyedot Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp7 miliar lebih dengan panjang 60 meter. Selanjutnya jembatan ini tidak dirancang untuk kendaraan roda empat, kecuali kondisi darurat saja baru diperbolehkan melintas. 

“Hanya situasi darurat, baru bisa dilintasi.  Misalnya ada kejadian kebakaran dan membawa orang sakit,” tegasnya.

Dalam Tahun 2020 ini, dikatakannya DPUPRPKP Kapuas akan membangunan jembatan dengan desain yang sama di kilometer 11 Anjir Sarapat, Kecamatan Kapuas Timur. Sedangkan usia jembatan tersebut diperkirakan umurnya sampai 100 Tahun, dimana fisik sudah selesai 100 persen, dan finishing terakhir. 

“Pancang tiang jembatan sudah dibangun tahun 2019 dan 2020 ini, tinggal abumen, serta rancang baja saja,” pungkasnya.

Sementara warga Mambulau sangat berterima kasih kepada Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat, MM, MT dan HM. Nafiah Ibnor yang telah menepati janjinya membangun Jembatan Lengkung Rangka Baja.

Kepala Desa Mambulau, Alfian Nor menyampaikan, pemerintah desa terima kasih kepada Pemkab Kapuas. Melalui Dinas PUPRPKP tersebut,  yang telah membangun jembatan lengkung berkontruksi rangka baja.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bupati Ir. Ben Brahim S Bahat dan Wakil Bupati HM. Nafiah Ibnor  yang telah membangun jembatan Sare Pulau, dan telah diresmikan ini,” ucap Alfian Nor.

Menurutnya, jembatan ini merupakan penghubung antara antara Desa Mambulau dengan Kecamatan Kapuas Hilir. Sehingga adanya jembatan ini, menambah aktifitas pasar setiap hari, di mana warga Kapuas Hilir bisa berbelanja. 

“Alhamdulillah kita ada pasar desa dan perkembangan pasar semakin meningkat. Pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin baik, karena masyarakat dari Kapuas Hilir berbelanja ke desa kami,” pungkasnya. 

Editor :dar
Reporter : hmskmf

165 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.