Cegah Penularan Covid-19 ! Ini Imbauan Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng

;
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, dr Suyuti Syamsul MPPM

PALANGKA RAYA – Upaya kerja keras dan berbagai cara sudah dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, untuk melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona. Salah satunya yaitu memberi imbauan kepada masyarakat untuk bersama sama melakukan upayah pencegahan penularan Virus Corona (Covid-19).

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah, dr Suyuti Syamsul MPPM, mengatakan, Virus Corona ini adalah virus baru menyerang sistem pernafasan dengan gejala klinis antara demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, letih dan lesu.

Dikatakan Suyuti, seseorang bisa tertular dengan berbagai cara, yaitu dengan tidak sengaja menghirus percikan ludah atau bersin penderita Covid-19, memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita Covid-19 dan kontak jarak dekat dengan penderita Covid-19 misal bersentuhan atau berjabat tangan.

“Saat ini belum tersedia vaksin dari Virus Corona. Oleh karena itu alangka baiknya kita semua mencegah dari pada mengobati,” kata Suyuti.

Adapun cara pencegahan penularan virus Corona yaitu dengan cara mengikuti arahan dan anjuran Pemerintah setempat (cara pencegahan penularan virus corona atau Covid-19 lihat tabel).

Suyuti juga mengingatkan,  bila terdapat orang dengan tanda dan gejala Covid-19 di lingkungan sekitar tempat tinggal/kerja,  segera melaporkan atau berkoordinasi melalui  call center Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan nomor 08125086776, 0823357720665 dan 08115230044.

“Saya berharap seluruh masyarakat Kalteng agar bisa mengikuti dan melaksanakan imbauan dari Pemerintah Provinsi Kalteng,” imbau Suyuti. 

Berikut adalah cara pencegahan Penularan Virus Corona atau Covid-19:

1.     Mengurangi aktifitas di luar rumah, hindari kerumunan

2.     Bila memang terpaksa berada di tempat umum, gunakan masker, terapkan physycal distancing dan atau menjaga jarak minimal 1 (satu) meter dengan orang sekitar serta hindari berjabat tangan.

3.     Meningkatkan daya tahan tubuh dengan rutin berolah raga, komsumsi sayur dan buah setiap hari, serta istirahat yang yang cukup.

4.     Rutin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir

5.     Jangan menyentuh mata, mulut dan hidung sebelum mencuci tangan

6.     Cucilah tangan setelah kontak dengan hewan

7.     Masaklah daging  sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi

8.     Apabila batuk atau bersin, tutup mulut atau hidung dengan tisu atau lengan atas bagian dalam, serta buang tisu ke tempat sampah

9.     Jaga kebersihan lingkungan dan benda yang sering disentuh, semprotlah menggunakan cairan desinfektan

Sumber : Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah 

Editor :dar
Reporter : ard

25 Views

About The Author

Related posts