Bersiap-siap; Ada Wacana Tes Massal OTG dan ODP

Petugas medis mengambil sampel penumpang KRL Commuter Line saat tes swab di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Selasa (5/5/2020). Tes swab yang dilakukan secara random untuk 300 penumpang dengan mengumpulkan cairan atau sampel dari bagian belakang hidung dan tenggorokan sebagai salah satu metode untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran virus COVID-19 di transportasi umum..–Foto: Imam Husein/Jawa Pos

Dilakukan Serentak di Seluruh Kabupaten dan Kota

LABORATORIUM mikrobiologi untuk tes swab pasien Covid-19 sudah ada dan berfungsi di RSU dr Doris Sylvanus Palangka Raya. Setelah ini, menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng Suyuti Syamsul, pihaknya bermohon untuk mendapatkan alat Tes Cepat Molekuler (TCM). Alat ini setingkat dengan polymerase chain reaction (PCR).

Apa gunanya? “Untuk mengurai deoxyribo nucleic acid (DNA). Selama ini TMC digunakan untuk mengurai DNA pada penyakit Tuberkulosis atau TBC. Apakah TBC tersebut kebal atau tidak dengan obat? Tinggal mengganti sedikit peralatannya, maka bisa digunakan sama dengan PCR,” katanya.

Nah… jika sudah ada peralatan dimaksud, maka pemerintah akan mewacanakan tes massal untuk warga Kalteng. Namun sebelumnya alat PCR dan TCM itu akan dimassalkan lebih dulu, sehingga pada saatnya bisa dilakukan secara serentak di semua kabupaten. Mamang tidak semua warga, tapi hanya mereka yang masuk kategori saja.

“Tentu saja mereka yang memiliki kontak erat dengan pasien positif atau seperti orang dalam pemantauan (ODP) dan orang tanpa gejala (OTG). Saat ini setidaknya sekitar 1.000 orang yang akan menjadi sasaran,” lanjut Suyuti yang juga Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemprov Kalteng. (kaltengpos/kpfm)

307 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.