Dua Pedagang dan Jukir Pasar Kahayan Reaktif Covid-19

AGUS PRAMONO/KALTENG
DETEKSI: Petugas medis memeriksa pedagang yang ada di Pasar Kahayan, Selasa (26/5).

Kapuas-Kotim Lakukan Rapid Test Massal

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Kalteng menggelar Rapid Test terhadap 145 orang di Pasar Kahayan. Ternyata tiga orang yang reaktif Covid-19. Dua orang pedagang dan satu juru parkir (jukir). Dari hasil ini tampaknya tidak salah jika daerah pasar merupakan kawasan yang sangat rawan dalam penyebaran virus corona ini. Apalagi sebelumnya sejumlah pasar ada pengunjung dan pedagang yang terbukti positiif.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melalui Kabidhumas Kombes Pol Hendra Rochmawan mengatakan bahwa rapit test yang dilaksanakan pada Selasa (26/5) ini merupakan upaya pencegahan. Pihaknya juga berusaha memutus rantai penularan Covid-19 di Kota Palangka Raya, terutama di area pasar.  “Ada tiga orang yang hasilnya reaktif, dua pedagang dan satu tukang parkir,” ucapnya kepada awak media, Rabu (27/5).

Lebih lanjut dikatakannya, terhadap tiga orang tersebut akan dilakukan pemeriksaan lanjutan berupa pemeriksaan swab di RSUD dr Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya. “Mereka dianjurkan untuk isolasi mandiri dan tidak boleh beraktivitas. Kalau hasil swab positif, langsung dilakukan karantina,” paparnya.

Sementara itu, ratusan pedagang di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengikuti rapid test yang digelar oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kotim. “Dari sekitar 600 pedagang, yang diperiksa sekitar 150 orang. Kami ambil sampel dari beberapa komunitas pedangan, seperti pedagang ikan, sembako, dan lainnya,” ucap Bupati Kotim, Supian Hadi, Rabu (27/5).

Pemeriksaan rapid test massal juga dilakukan di Kapuas. Tim yang yang diinisiasi Polda Kalteng bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, serta Korem 102/Pjg pada Rabu (27/5) melaksanakannya di kawasan Pasar Danau Mare, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini untuk menekan penyebaran Covid-19. Apalagi saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Kapuas terus meningkat.

Kegiatan ini dihadiri Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, pejabat utama Polda Kalteng, Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat, Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, Dandim 1011/Klk Letkol Inf Ary Bayu Saputro, dan Wakil Ketua I DPRD Kapuas Yohanes.

Lebih dari 400 warga Kabupaten Kapuas, khususnya yang tinggal di sekitar pasar, sangat antusias mengikuti rapid test massal tersebut. “Ada 402 warga yang di-rapid test. Hasilnya, 399 nonreaktif dan 3 reaktif. Ini membuktikan ada transmisi lokal di Kapuas,” ungkap Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga, di media center posko induk, kemarin. (kaltengpos/KPFM-101)

297 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.