Harus Perketat Pengawasan Perbatasan Kalsel-Kalteng

;
HUMAS UNTUK KALTENG POS
CEK PERBATASAN: Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran ketika memantau perbatasan Kalteng-Kalsel di Posko Covid-19 Polsek Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Kamis (21/5). Dia didampingi Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, dan jajaran Korem 102/Pjg di Polsek Kapuas Timur.

Gubernur Minta Bupati Kapuas Usulkan PSBB

GUBERNUR Kalteng Sugianto Sabran meminta wilayah Kabupaten Kapuas memperketat pengawasan keluar masuk orang dan barang dari wilayah Kalsel. Hal ini penting untuk mencegah meluasnya wabah Covid-19 di Bumi Tambun Bungai ini. Apalagi saat ini kasus Covid-19 di provinsi tetangga, Kalimantan Selatan (Kalsel), terus meningkat.

Untuk itu dia langsung melakukan pemantauan bersama Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo dan jajaran Korem 102/Pjg turun langsung memantau arus keluar masuk orang di perbatasan Kalteng-Kalsel poros tengah, tepatnya Posko Polsek Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Kamis (21/5).

Dia meminta Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat segera mengajukan kepada Pemprov Kalteng perihal penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah itu.

“Kami sudah minta kepada pemerintah pusat untuk PSBB di Kota Palangka Raya. Selama PSBB, angka kasus menurun dan pasien sembuh meningkat di Kota Palangka Raya. Saya minta agar Bupati Kapuas membuat permohonan ke Pemprov Kalteng untuk pemberlakukan PSBB di Kapuas dan memperkuat perbatasan,” ungkapnya kepada awak media, kemarin.  

Lebih lanjut dikatakannya, soal teknis penjagaan dalam rangka memperkuat pengawasan perbatasan ini, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Pemkab Kapuas (dalam hal ini bupati). Sebab, bupati yang memilliki wilayah dan dianggap lebih memahami teknis lapangan nantinya setelah bekerja sama dengan forkopimda.

“Saya sampaikan kepada bupati, jika kasus di tetangga meningkat, maka harus PSBB. Kapuas memang sudah zona merah, meskipun tidak semua kecamatan masuk zona merah,” jelasnya seraya menyebut ada beberapa wilayah yang perlu penguatan lantaran berbatasan langsung dengan provinsi tetangga. Salah satunya yakni Barito Timur (Bartim), yang berbatasan dengan Tanjung, Kalsel. (kaltengpos/KPFM-101)

42 Views

About The Author

Related posts