Jokowi Resmikan Jembatan Tumbang Samba?

;
BISA DILEWATI: Jembatan Tumbang Samba yang membentang di atas sungai Katingan mulai dibuka sejak Senin (1/6).

KABAR gembira bagi masyarakat Kalimantan Tengah (Kalteng). Terkhusus warga Kabupaten Katingan. Pasalnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan akan datang untuk meresmikan Jembatan Tumbang Samba yang berada di Desa Telok Kecamatan Katingan Tengah.

Bupati Katingan Sakariyas menyebutkan memang ada rencana peresmian oleh bapak Presiden RI Joko Widodo. Namun dirinya belum tahu kapan akan diresmikan. Mudah-mudahan nanti Beliau (Presiden Jokowi, Red) berkenan untuk meresmikannya,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui jembatan yang baru selesai akhir Maret 2020 itu sudah dilakukan uji coba oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI pada 1 Juni 2020.

Saat ini jembatan yang pembangunannya menghabiskan anggaran sebesar Rp 298 miliar lebih dari dana APBN tersebut diujicoba langsung oleh Bupati Katingan Sakariyas, belum lama ini. “Secara bertahap hanya dibuka beberapa jam dulu. Setelah beberapa hari kedepan, baru dibuka total 1×24 jam,” katanya.

Menurutnya angkutan maksimal yang diperbolehkan seberat 8 ton. Lebih dari itu, dilarang melintasi jembatan yang panjangnya 843,2 meter tersebut. “Nanti akan ada petugas yang mengawasinya. Agar tidak ada angkutan yang melebihi muatan,” tegasnya.

Jembatan ini nantinya akan membuka dan memperlancar akses ke daerah lain, seperti Kalimantan Barat. Karenanya atas nama Pemerintah Kabupaten Katingan, dan masyarakat, Sakariyas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balai, Kementerian PUPR, dan Presiden RI Joko Widodo.

“Jembatan Tumbang Samba ini merupakan satu-satunya di Indonesia dengan desain seperti itu,” jelasnya. Makanya dia mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Katingan untuk menjaga dan memelihara jembatan tersebut secara bersama-sama. (kaltengpos/KPFM-101)

60 Views

About The Author

Related posts