TIPS MEMPERLAMBAT PENUAAN SECARA ALAMI

Foto : Jun Ji Hyun (forbes)

Semua orang pasti ingin tetap awet muda selama mungkin, baik dari segi kesehatan maupun penampilan. Dalam sebuah studi yang mengecek kondisi responden berusia 38 tahun, ditemukan bahwa beberapa di antara mereka memiliki kondisi fisik yang sama sehatnya dengan usia 20-an, sementara yang lain memiliki kondisi seperti orang lanjut usia. Menurut penelitian, masalah penuaan dipengaruhi 20% faktor genetis, sementara faktor lingkungan dan gaya hidup berpengaruh lebih besar.

Melihat fakta tersebut, berikut 8 tips agar Anda tetap sehat dan awet muda lebih lama.

Kelola stres Anda

Peraih Nobel Elizabeth Blackburn menemukan bahwa telomer (ujung kromosom) sangat berpengaruh terhadap proses penuaan dalam sel kita. Semakin pendek telomer, semakin cepat penuaan terjadi. Stres kronis membuat telomer lebih pendek, oleh karena itu penting untuk mengelola tingkat stres Anda.

Jika Anda mudah stres, maka akan cepat muncul tanda-tanda penuaan dan kesehatan Anda pun akan berpengaruh. Meditasi adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan tingkat stres dan membuat Anda merasa lebih rileks.

Kelilingi diri dengan orang yang Anda sukai

Penelitian juga membuktikan bahwa orang yang tinggal di lingkungan yang aman dan ramah memiliki telomer yang lebih panjang. Jadi usahakan agar Anda tinggal di lingkungan yang nyaman. Studi lain menunjukkan bahwa orang yang menikah dan mereka yang memiliki persahabatan yang sudah berjalan cukup lama juga memiliki telomer yang lebih panjang, sehingga tanda-tanda penuaan akan muncul lebih lambat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jumlah teman optimal yang kita butuhkan untuk tetap sehat adalah enam orang.

Makan lebih sedikit agar hidup lebih lama

Membatasi konsumsi kalori, tetapi tetap memerhatikan asupan gizi dapat memperlambat metabolisme manusia dan membantu kita awet muda. Kurangi juga konsumsi makanan olahan karena biasanya mengandung fosfat yang mempercepat proses penuaan. Selalu konsumsi makanan anti-penuaan seperti blueberry, kacang-kacangan, salmon, avokad, kunyit. Makan seperti ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung, melindungi kulit dan penglihatan Anda, mendukung fungsi kognitif, dan meningkatkan kesehatan usus. Cobalah untuk membatasi asupan gula, berhenti minum soda dan alkohol.

Latih otak Anda

Berolahraga itu penting, tapi jangan lupa latih otak Anda. Baca buku, pelajari bahasa asing, dan mainkan permainan yang melibatkan aktivitas mental. Dengan membuat otak Anda bekerja secara aktif, Anda dapat memperlambat proses penuaan. Studi terbaru menunjukkan bahwa belajar meningkatkan jumlah neuron yang membantu otak tetap awet muda.

Rajin berjemur di pagi hari

Ini akan membantu Anda mendapatkan vitamin D agar kulit dan kesehatan Anda tetap terjaga. Tak perlu lama-lama, cukup 15 menit pada jam 9 pagi dan lakukan 2-3 kali seminggu. Jangan lupa pakai tabir surya untuk mengurangi risiko terkena kanker kulit.

Rajin olahraga

Ini adalah tips klasik yang sudah terbukti efektif memperlambat penuaan. Ya, bukan Cuma membuat fisik Anda lebih sehat, tetapi juga memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan.

Tidur lebih cepat

Mempunyai rutinitas tidur yang tepat sangat penting. Para ahli mengatakan bahwa tidur antara jam 11 malam dan 3 pagi berperan untuk menutrisi dan regenerasi, itulah sebabnya Anda harus tidur pada jam 11 malam atau lebih awal. Idealnya, seseorang harus tidur 7-8 jam per malam. Kurang tidur tidak hanya memengaruhi perasaan kita, tetapi juga memengaruhi penampilan. Penelitian Harvard Medical School menunjukkan bahwa orang yang biasanya tidur kurang dari 7 jam lalu mulai tidur satu jam lebih cepat menunjukkan perubahan positif dalam tekanan darah. Ini membantu menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

Mengonsumsi lebih banyak vitamin

Antioksidan dapat mencegah radikal bebas yang merusak sel-sel dalam tubuh kita. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan krim wajah yang mengandung antioksidan. Cara lain adalah dengan mengonsumsi selenium, vitamin E, dan vitamin C yang memperlambat penuaan.[womantalk.com]

50 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *