Monitoring Penyaluran BLT DD

DISKOMINFO UNTUK KALTENG POS
Plt Kepala DPMD Kalteng Rojikinnor saat memberikan arahan, mewakili Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran pada kegiatan monitoring penyaluran BLT DD di Kabupaten Seruyan, Sabtu (8/8).

PALANGKA RAYA-Guna memastikan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) berjalan lancar dan tepat sasaran, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran meminta agar dinas terkait melakukan monitoring penyaluran tersebut.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kalteng, Rojikinnor melakukan kunjungan ke Kabupaten Seruyan. Selain pemantauan penyaluran BLT, juga melakukan pembinaan dan pengawasan BUMDes.

“Mewakili gubernur, kami berharap seluruh komponen pemerintahan, baik perangkat daerah (PD) terkait, kepala desa serta tenaga ahli pendamping desa agar memperhatikan hal-hal yang terkait kepentingan masyarakat,” katanya saat memberikan arahan di Aula Pertemuan Serbaguna Kabupaten Seruyan, Sabtu (8/8).

Diungkapkannya, kepentingan masyarakat yang dimaksud, yakni agar lebih mempercepat penyaluran DD dalam rangka menjaga ketahanan masyarakat desa. Dengan demikian, maka fungsi dan peran pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini dapat lebih ditingkatkan.

“Harapannya juga dapat meringkan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kalteng ini,” ungkapnya.

Dijelaskannya, berkenaan dengan badan usaha milik desa (BUMDes), guna mendukung pertumbuhan BUMDes sebagai ketahanan ekonomi masyarakat desa, maka agar pemerintah kabupaten secara intensif melalukan pengawasan dan pembinaan agar BUMDes bisa tumbuh dan berkembang lebih baik.

“Sehingga dapat menjadi daya dukung pertumbuhan perkemomian pedesaan. Tentu, dalam beraktivitas selalu menjaga protokol kesehatan baik menjaga jarak, menggunakan masker dan selalu mencuci tangan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran yang diwakili sekretarisnya Diah mengatakan, mengimbau agar PKK di seluruh daerah dapat tampil lebih maksimal dalam membantu masyarakat desa.

“PKK lebih maksimal membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan melakukan sosialisasi protokol kesehatan”, ujar Diah .

TP-PKK pun, juga membagikan 1000 pcs masker kepada masyarakat yang kurang mampu. (kaltengpos/KPFM-101)

342 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.