Kalteng Bersiap Antisipasi Resesi Ekonomi

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya bersama sejumlah pengurus FKUB Kalteng di Aula Jaya Tingang (AJT), belum lama ini. Foto : Emanuel/Kalteng Pos

PALANGKA RAYA – Resesi ekonomi mengancam Indonesia dan tentu juga akan berdampak keseluruh daerah termasuk Provinsi Kalteng. Pemerintah perlu melakukan antisipasi agar dapat terhindar dari perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya mengungkapkan, Kalteng pun sudah bersiap menghadapi dan mengantisipasi resesi konomi ini. “Kita dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) mungkin agak menurun, terutama dalam pendapatan asli daerah (PAD). Hal itu dikarenakan ekonomi sedang lesu,” kata Habib Ismail Bin Yahya di Aula Jaya Tingang (AJT), beberapa waktu lalu.

Sebagai salah satu langkah, pihaknya juga telah melakukan  rapat koordinasi bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), sehingga diharapkan dapat melahirkan formula khusus agar Kalteng tidak terpengaruh terhadap resesi ekonomi nasional saat ini.

“Kami terus mengintensifkan usaha kecil mikro dan menengah (UKM) sehingga dapat meningkatkan roda perekonomian, sehingga tidak terpengaruh dengan resesi ekonomi,” lanjutnya.

Diakuinya bahwa dalam APBD tahun 2021 ada beban yang harus diselesaikan seperti pembayaran multiyears tahap II, belanja bagi hasil (BBH) yang belum tersalur dan beberapa pembayaran lainnya.

“Jadi tugas kita cukup banyak dan harus diselesaikan. Sehingga butuh konsentrasi dan fokus untuk melepas jeratan kesulitan, karena dampak covid-19 dan juga ancaman resesi ekonomi,” tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, pembangunan food estate yang tengah dilakukan oleh pemerintah pusat di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau serta akan dikembangkan di Kabupaten Gunung Mas dan sekitarnya, maka Kalteng sangat terbantu.

“Dengan adanya food estate maka dana transfer daerah, jika nanti dikelola oleh daerah. Tetapi semua tentu akan masuk ke Kalteng, Sehingga dapat menghidupkan perekonomian di Kalteng,” tambah Habib.

Oleh karena itu pihaknya berterima kasih kepada terhadap upaya dan lobi yang dilakukan, sehingga Kalteng dapat dijadikan sebagai daerah ketahanan pangan nasional. Ke depannya juga akan menjadi percontohan pertanian modern untuk daerah lain di Indonesia.(kaltengpos/101kpfm)

299 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.