Hari Ini, Vaksin Covid-19 Didistribusikan ke Kalteng

ilustrasi Vaksin Covid-19

PALANGKA RAYA – Kabar menggembirakan bagi masyarakat Indonesia, termasuk Kalteng. Lantaran, vaksin Covid-19 sudah tiba dan hari ini Minggu (3/1) vaksin sudah mulai didistribusikan ke Kalteng.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng Suyuti Syamsul menyebutkan bahwa mulai (3/1) ini vaksin Covid-19 rencananya akan didistribusikan oleh biofarma. Kalteng termasuk salah satu provinsi yang siap menerima vaksin.

“Bertahap ya, ini tahap pertama menyesuaikan jumlah nakes yang akan divaksinasi, sekitar sepulur ribu,” katanya saat dikonfirmasi, Sabtu (2/1).

Memang, lanjut dia, untuk pemberian vaksin kepada masyarakat sudah dilakukan klasifikasi siapa saja yang akan mendapatkan vaksin pertama. Untuk tahap satu sepenuhnya diberikan kepada tenaga kesehatan yang memberikan layanan.

“Langkah selanjutnya vaksin ini akan distribusi ke kabupaten/kota, kemudian menyesuaikan dengan kesiapan kabupaten/kota, harapannya semakin cepat lebih baik,” ujarnya.

Tetapi, lanjut dia, meskipun vaksin ini nanti sudah datang ke Kalteng, tetap tidak bisa langsung digunakan. Mengingat, untuk dapat diberikan kepada masyarakat harus ada otoritas penggunaan darurat oleh BPOM.

“Meskipun vaksin sudah datang, tetap belum bisa kami gunakan sebelum ada otorisasi penggunaan darurat BPOM,” pungkasnya.Sebelumnya, pihaknya sudah menyampaikan bahwa Kalteng diminta oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk memepersiapkan kedatangan vaksin. Misal saja seperti tempat penyimpanan dan kesiapan distribusinya. (ktc/101kpfm)

323 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.