Tinjau Layanan Kesehatan di Gumas


PEDULI: Wakil Ketua DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh saat berkunjung ke Puskesmas Sepang Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas, belum lama ini.

PALANGKA RAYA-Pada kunjungan kerja (kunker) pertamanya, Wakil Ketua DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh berkunjung ke Puskesmas Sepang Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas, belum lama ini.

Dikatakan Faridawaty, program vaksinasi di sini sudah berjalan sebanyak 2 kali untuk para tenaga kesehatan. Kemudian untuk program vaksinasi berikutnya adalah pelayan masyarakat lainnya, seperti Guru dan TNI /POLRI. Diperkirakan untuk masyarakat pada Bulan April-Mei 2021 mendatang.

“Di Sepang ini, masuk wilayah zona hijau dan tidak ada kasus covid. Namun keadaan Puskesmas sendiri membutuhkan banyak perbaikan dan penunjang lainnya, seperti meubelair sampai ketersediaan masker. Layanan pemeriksaan test covid hanya bisa sebatas rapid antibodi yang bisa dilayani di sini,” ungkap perempuan yang juga Ketua DPW Partai NasDem Kalteng ini.

Dikatakanya, di puskesmas ini sebenarnya ada alat atau mesin untuk poli gigi (baru), namun karena tidak ada dokter gigi, maka alat tersebut tidak difungsikan.

“Selain itu, kondisi pelaporan yang serba online agak sulit dilakukan, hal ini disebabkan jaringan wifi yang sering gangguan,” tambahnya.

Lanjut Faridawaty, Pustu di Tewei Baru juga menyampaikan tentang kesulitan untuk mendapatkan air bersih. “Semoga bisa menjadi perhatian kita, karena tenaga kesehatan di puskesmas/pustu justru menjadi garda terdepan melayani masyarakat di pedesaan yang juga berhak mendapatkan layanan yang baik,” pungkasnya. (bud)

96 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *