Puskesmas Kerengpangi Perlu Dilakukan Rehap

KUNKER: Wakil Ketua DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh saat kunjungan kerja ke Puskesmas Kereng Pangi, Selasa (15/02).

PALNGKA RAYA-Pelayanan kesehatan di sejumlah daerah di Kalteng masih sangat membutuhkan perhatian. Pasalnya, masih ada sejumlah puskesmas yang perlu dilakukan rehap dan juga perbaikan peralatan medis.

Hal ini diketahui saat unsur Pimpinan DPRD Provinsi Kalteng melakukan kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah daerah, termasuk saat kunker ke Puskesmas Kereng Pangi Kabupaten Katingan.

Wakil Ketua DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh mengatakan, bangunan puskesmas yang pernah meraih Puskesmas terbaik ke-2 se Provinsi Kalteng pada Tahun 2015 tersebut memerlukan rehab atau penambahan bangunan dan juga perbaikan peralatan medis.

“Puskesmas di tempat tersebut tidak memiliki ruang tunggu pasien yang memadai dibandingkan jumlah masyarakat (pasien) yang harus dilayani,”ucapnya.

Dikatakan Faridawaty, puskesmas tersebut memiliki dokter gigi, namun mesin atau alat di poli gigi sudah rusak atau tidak bisa digunakan.

Diceritakannya, bahwa pada saat pandemi, tenaga kesehatan di Puskesmas Kereng Pangi ini termasuk kepala puskesmas dan 2 orang dokter sempat terpapar Covid-19 beberapa waktu lalu, sehingga puskesmas ini sempat di tutup.

“Selain itu, layanan screning hanya sebatas rapid antibodi, jadi, jika ada pasien yang menunjukkan gejala dan hasil rapid nya reaktif akan langsung di rujuk ke RSUD Katingan. (bud)

224 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *