Anggota Dewan Ajak Kaum Milenial

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Barito Selatan Ideham saat mengunjungi stand budaya pada Festival Budaya di Buntok, Minggu (5/12) malam.

Untuk Menjaga dan Melestarikan Budaya yang Ada di Barsel

BUNTOK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Ideham minta kepada seluruh elemen di daerah itu, khususnya kaum milenial agar menjaga dan melestarikanlah budaya daerah. Karena budaya itu sudah dipertahankan dan ditinggalkan leluhur. Kalau tidak dilestarikan, budaya daerah itu bisa hilang atau bahkan diklaim daerah lain.

Hal tersebut disampaikan Ideham kepada wartawan saat menghadiri Pagelaran Seni Budaya Barito Selatan 2021 yang berlangsung di GPU Jaro Pirarahan, Buntok, Minggu (5/12) malam.

“Peran mengembangkan dan melestariakan sejarah budaya, bukan hanya tugas dari pemerintah daerah saja, namun merupakan tugas yang diemban bersama-sama dengan masyarakat,” kata Ideham kepada awak media, saat itu.

Oleh sebab itu, menurut Ideham, genarasi muda harus dapat menjadi pelopor untuk mempromosikan kesenian dan kebudayaan yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Barito Selatan ke kancah nasional hingga mancanegara melalui media sosial.

“Khususnya generasi milenial harus memiliki peran yang sangat kuat dalam menumbuhkan rasa kecintaan akan budaya, adat, dan kesenian di daerah setempat,” ujarnya.

Ketua PAN Barito Selatan ini juga menambahkan, melalui pagelaran seni dan budaya ini bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan lokal yang ada di Barsel dan sekaligus mengajak masyarakat agar bisa menjaga serta melestarikan budaya leluhur tersebut.

“Saya berharap agar kita semua, termasuk para generasi milenial untuk bisa menjaga serta melestarikan budaya-budaya yang ada di Barito Selatan,” tegasnya. (gor/ens/kpfm101)

188 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.