Kerugian Kebakaran Pasar Pundu Capai Miliaran Rupiah

Bupati: Pembangunan Ulang Pasar Akan Dievaluasi

SAMPIT – Kerugian puluhan bangunan di kompleks Pasar di Desa Pundu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur yang ludes dilahap api pada Senin (3/1) lalu ditaksir mencapai miliaran rupiah.

“Dari laporan yang saya terima sekitar 90 bangunan terbakar dan 78 Kepala Keluarga (KK) terdampak. Taksiran kerugian mencapai miliaran rupiah,” kata Bupati Kotim, Halikinnor, Rabu (5/1).

Terkait ludesnya beberapa bangunan tersebut, pihaknya akan melakukan evaluasi terkait pembangunan ulang pasar tersebut. “Akan kami evaluasi terlebih dahulu. Karena dari informasi yang kami terima, sebagian besar bangunan di sana merupakan milik pribadi. Kalau punya Pemda akan kami bangun,” jelas Halikinnor.

Bupati menyampaikan, turut prihatin atas kejadian tersebut. Sejumlah bantuan sembako juga telah diberikan untuk warga terdampak kebakaran. Halikinnor meminta kepada warga yang tertimpa musibah untuk lebih bersabar. 

“Mudah-mudahan dengan musibah ini menjadi evaluasi bagi kita untuk lebih hati-hati, terutama yang tinggal di pasar yang kerap kali terjadi kebakaran. Karena dimungkinkan jaringan listrik banyak sambungan. Itu harus dicek kembali agar tidak ada kebakaran pasar lagi nantinya,” tandasnya.

Seperti diketahui, kebakaran itu diperkirakan terjadi pukul 14.30 WIB. Pedagang berupaya menyelamatkan barang dagangan dan barang berharga lainnya. Warga yang tinggal di kawasan itu juga menyelamatkan harta benda mereka.

Api cepat membesar karena hampir sebagian besar bangunan di pasar yang berlokasi di pinggir sungai itu terbuat dari kayu. Warga terlihat kesulitan memadamkan api karena sudah membesar. Sebagian warga membantu lainnya yang masih berusaha menyelamatkan barang berharga. (sli/ans/kpfm101)

116 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.