BWI Laksanakan Pelatihan Pengelolaan Wakaf

PEMBUKAAN : Kakanwil Kemenag Kalteng Noor Fahmi membuka secara resmi pelatihan manajemen wakaf yang bertempat di di Asrama Haji, Rabu (28/9).

PALANGKA RAYA – Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kalteng melaksanakan pelatihan manajemen pengelolaan harta benda wakaf dan nazhir wakaf produktif se-Kalteng, 28-30 September 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di Asrama Haji Almabrur Palangka Raya diikuti perwakilan BWI kabupaten dan kota se-Kalteng.

Pelatihan yang mengangkat tema “Menguatkan peran dan pemberdayaan para nazhir dalam mengelola asset wakaf yang lebih produktif” dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalteng Noor Fahmi. Dihadiri oleh Ketua Perwakilan BWI Kalteng Dr H Khairil Anwar.

“Terkait dengan perkembangan Badan Wakaf Indonesia (BWI) sekarang menjadi primadona Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam. Anggaran selalu diprioritaskan, perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun, dan saya harapkan tahun mendatang akan lebih baik lagi,” ucap Noor Fahmi.

Pembentukan BWI merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam ikut memberikan kontribusi terhadap pengelolaan wakaf. Dasar hukum yakni, UU No. 41 Tahun 2004 tentang Wakaf dan PP No. 42 Tahun 2006.

Dia berharap peserta bisa mengikuti dengan baik, sehingga bisa menghasilkan terobosan tentang perwakafan khususnya wakaf produktif dan pengelolaan harta benda wakaf untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

Sementara itu Ketua Perwakilan BWI Kalteng Khairil Anwar menyampaikan bahwa pelatihan manajemen wakaf ini sangatlah penting. Sebab setiap wakaf memiliki potensi keuangan yang besar dan bisa dimanfaatkan kepentingan masyarakat luas.

“Karena potensi ini maka para Nazhir perlu dibekali dengan ilmu-ilmu perwakafan, agar sesuai dengan syari’at dan peraturan perundangan-undangan yang ada,” ucap Khairil.

Ketua Panitia H Moh Asbli menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh pengurus BWI kabupaten dan kota yang ada di Kalimantan Tengah.  Kegiatan ini bertujuan agar para nazhir bisa mengelola wakaf lebih baik lagi. Pada acara pembukaan diserahkan penghargaan dari Kakanwil Kalteng kepada Bupati Lamandau atas keberhasilannya dalam membina badan waqaf di Kabupaten Lamandau. Dan juga ada pemberian penghargaan dari kepala Perwakilan BWI kepada BWI Lamandau atas keberhasilan membina Nazhir di Lamandau.  (irj/sos/b5/kpfm101)

139 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.