Raih Omzet Rp90 Juta, Perajin Banjir Orderan

Dekranasda Kalteng Kenalkan Produk Lokal pada Pameran Kriyanusa

KERAJINAN khas Kalteng tertata rapi pada gelaran Kriyanusa 2022 di Hall A Jakarta Convention Center, Jakarta. Beragam produk kerajinan khas Kalteng dipamerkan di area pameran yang sudah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

Gelaran Kriyanusa yang mengangkat tema “Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing” ini, dibuka secara langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan didampingi Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma’ruf Amin. Dalam gelaran nasional ini, sejumlah perajin Kalteng hadir didampingi Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran.

Berbagai kerajinan khas Kalteng ini di-display untuk diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia selama lima hari, dimulai Rabu (21/9) hingga Minggu (25/9).

Dekranasda Kalteng mengambil bagian pada event ini dan menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan tradisi dan warisan budaya dalam membuat kerajinan lokal yang makin berkualitas dan berdaya saing, dengan mempromosikan produk-produk unggulan ke tingkat nasional.

“Tujuan utama berpartisipasi pada pameran Kriyanusa 2022 adalah untuk membantu memasarkan produk-produk unggulan para perajin binaan Dekranasda Kalteng,” ucap Ivo.

Istri Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran ini menyebut, mengikuti kegiatan ini dapat memberi ruang bagi industri kerajinan Kalteng, agar terus berupaya memunculkan kreativitas dan inovasi, dalam rangka meningkatkan kinerja usaha serta menampilkan produk unggulan.

“Tahun ini Kalteng menampilkan produk khas seperti tas kombinasi anyaman rotan, batik tulis khas Kalteng, aksesori handmade para perajin dan ready to wear produk fashion khas Kalteng,” bebernya.

Ada beberapa perajin yang kali ini difasilitasi Dekranasda Kalteng untuk mengikuti pameran ini. Antara lain Kiki Aprilia selaku owner Borneo Queen dengan produk aksesorinya, Umiy Lasega dengan produk batik khas dari Lamandau, Sinawesi perajin anyaman rotan dari Barito Selatan, ready to wear dari Himpunan Penjahit dan Perancang Kalteng (Hapakat), ready to wear dari fashion designer Steffan Adji yang dibantu tim dari Central Borneo Souvenir. Dari Dekranasda Kalteng dikoordinasi oleh Sayid Zainudin.

Antusias pengunjung yang mampir ke stan Dekranasda Kalteng cukup bagus. Selama lima hari pameran, omzet yang didapatkan mencapai Rp90 juta. Selain itu, perajin yang diikutkan mendapat orderan dari konsumen dalam jumlah yang cukup tinggi.

“Semoga pameran Kriyanusa 2022 ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi para perajin Kalteng, diharapkan tahun depan Dekranasda Kalteng akan mengajak berkolaborasi bersama stakeholders lain, agar lebih banyak yang membantu memfasilitasi perajin dan pelaku industri kecil menengah (IKM) untuk ikut dalam pameran bergengsi ini,” pungkasnya.

Selain pemasaran produk, melalui pameran ini para perajin dan pelaku IKM juga berkesempatan melaksanakan bisnis to bisnis (B2B) dengan sesama perajin dan para calon pembeli. Juga ada coaching dengan para desainer ternama seperti Musa Widiatmojo, Didit Maulana, dan lainnya. Selain mendapat kesempatan berjualaan, perajin juga mendapat wawasan dan tambahan ilmu dari para coach yang datang dan memberi masukan untuk inovasi produk.

Di sela-sela kesibukan, finalis Putri Indonesia Kalteng 2022 Stella Bella sempat hadir di hari kedua pameran, sehingga menambah daya tarik dan menyemarakkan stan milik Kalteng. Hadir juga finalis Putra-Putri Tenun Songket 2022 perwakilan Kalteng.

Semenjak Dekranasda Kalteng dipimpin Yulistra Ivo Sugianto Sabran, ada banyak upaya yang dilakukan dalam meningkatkan dan mengembangkan potensi para perajin dan pelaku IKM. Di antaranya membangun gedung Central Borneo Souvenir sebagai wadah bagi para perajin dan pelaku IKM Kalteng memasarkan produk dan hasil kerajinan unggulan kepada masyarakat luas. Dengan demikian dapat meningkatkan kesejahteraan para perajin dan pelaku IKM Kalteng, sekaligus membantu pemerintah dalam upaya recovery economy.

Belum lama ini, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran juga berhasil meraih penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) kategori ekonomi dari MNC Portal, pada acara anugerah KDI Tahun 2022 di Semarang, Kamis (22/9). Penghargaan ini diberikan kepada gubernur atas upayanya membangkitkan industri kecil menengah (IKM) dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bersama Dekranasda Kalteng dengan menginisiasi tokokaltengberkah.com. (*/ce/ala/kpfm101)

178 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.