Perhatian Kesehatan Masyarakat di Pelosok

Siswandi

PALANGKA RAYA-Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi berharap perhatian terhadap kesehatan masyarakat di wilayah Kalteng ini agar bisa dijadikan sebagai fokus pemerintah baik provinsi, kabupaten dan kota.

Dia mengatakan dalam memperhatikan kesehatan masyarakat, pemerintah harus bisa memastikan pelayanan kesehatan dapat dijangkau secara merata. Pasalnya, memberikan pelayanan itu sudah menjadi tanggung jawab pemerintah.

“Pelayanan penting diberikan secara merata untuk memastikan kesehatan masyarakat dapat diakomodir tidak hanya di wilayah perkotaan saja tapi juga pelosok atau pedesaan,” ujarnya, Selasa (25/7).

Dirinya mengungkapkan, persoalan kesehatan masih banyak yang perlu diselesaikan oleh pemerintah, dan sektor kesehatan merupakan kunci penyelesaian persoalan kesehatan itu. Oleh karenanya, sektor ini agar dijadikan perhatian utama dalam program kerja yang dicanangkan.

“Misalnya saja saat ini persoalan stunting, meskipun ada penurunan kasus di Kalteng, tapi angkanya masih tinggi. Fokuskan perhatian untuk menekan angka kasus stunting itu, berikan pelayanan terbaik secara menyeluruh,” ucapnya.

Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik dan menyeluruh pastinya ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian diantaranya yakni peningkatan sarana dan prasarana atau fasilitas kesehatan hingga penyebaran tenaga kesehatan (nakes) secara merata.

Pasalnya, di wilayah Kalteng sendiri ada begitu banyak terutama di pelosok sarana atau fasilitas kesehatan yang kurang maupun tidak memadai, begitu juga keberadaan nakes ada sejumlah desa yang bahkan tidak memiliki nakes.

“Melihat fakta itu, bagaimana bisa kesehatan masyarakat dapat diakomodir secara menyeluruh, karena masih ada sarana atau fasilitas serta nakes yang keberadaannya tidak memadai. Ini yang perlu ditekankan menjadi fokus utama perhatian pemerintah,” pungkasnya. (irj/ans/kpfm)

87 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.