Porprov Siap Digelar, Berharap Dibuka Gubernur

SAMPIT-Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalteng XII 2023 tinggal menghitung hari, Pemkab Kotawaringin Timur (Kotim) sebagai tuan rumah telah melakukan persiapan baik untuk venue cabang olahraga (Cabor) maupun untuk pembukaan yang akan digelar di Stadion 29 November  pada 26 Juli nanti. Panitia berharap pesta olahraga terbesar di Bumi Tambun Bungai tersebut bisa dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran.

“Kami terus mematangkan persiapan, dan saat ini kesiapan kami 98 persen sudah selesai dan tinggal dua persennya dalam satu hari kedepan Insya Allah sudah siap 100 persen,” kata Bupati Kotim H Halikinnor, saat mengelar coffee morning di rumah jabatan dengan forkompimda, panitia, perbankan, pengusaha, pegiat usaha/swasta, Sabtu (22/7).

Ia menyampaikan pembukaan Porprov XII nanti akan dimeriahkan penampilan Band Repvblik, atraksi lampu, pesta kembang api, live streaming pembukaan. Nantinya juga ada bazar multi produk dan merchandise Porprov di Citimall Sampit dan Nur Mentaya Expo 2023 di objek wisata Terowongan Nur Mentaya di Jalan Tjilik Riwut yang sama-sama digelar selama porprov berlangsung.

“Kami berharap Pak Gubernur hadir membuka Porprov XII, dan juga membuka bazar di Citimall atau Nur Mentaya Expo di Terowongan Nur Mentaya,”ucap Halikin. 

Rangkaian Porprov XII nantinya akan diisi juga acara bakti sosial berupa senam, sunatan massal, skrining kesehatan dan pengobatan massal akan dilaksanakan di Mal Pelayanan Publik Habaring Hurung pada 27 Juli 2023 mulai pukul 07.00 WIB sampai selesai. Lalu, ada juga hiburan jalanan musik di beberapa simpang empat di Sampit pada 27 Juli sampai 5 Agustus 2023 pukul 19.30 Wib. Acara ini diisi sejumlah komunitas musik. 

“Kami bertekad meriah sukses sebagai penyelenggara, serta sukses meraih prestasi menjadi juara umum Porprov XII Kalteng, dan juga berharap porprov membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat kita. Dengan porprov ini juga merupakan kesempatan bagi kita memperkenalkan potensi daerah kita, mulai dari sumber daya alam, pariwisata, kuliner, hiburan, UMKM dan lainnya,” harap Halikin.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kotim, Ahyar Umar mengatakan Porprov ke XII Kalteng tahun 2023 ini mempertandingkan 28 cabang olahraga dan 1 ekshibisi. Di antaranya, sepak bola, futsal, billiard, atletik, balap motor, voli, binaraga, bridge, catur, dayung dan e-sport.

“Terkait dengan atlet apakah yang ikut porprov tersebut harus orang Kalteng dengan identitas KTP-nya harus Kalteng, intinya wajib orang kalteng, dan masalah domisili ini memang wajib kerena ini olahraga bergengsi Provinsi Kalteng, maka aturan mainnya harus benar-benar domisili di Kalteng,” ujar Ahyar.

Dirinya juga memastikan semua venue (lokasi) pertandingan cabor sudah siap digunakan pada hari pelaksanaan Porprov XII, dan semua panitia di setiap cabor sudah malakukan persiapan, dan berharap semua pertandingan dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

”Semua venue sudah siap 100 persen. Hanya ada penambahan sedikit untuk sarana pendukungnya, tetapi secara keseluruhan sudah siap, dan saya berharap semua pertanding dapat berjalan sukses dan lancar,” tutupnya. (bah/ala/kpfm)

103 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.