Waspadai El-Nino dan Karhutla

Ruselita

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua I Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Ruselita, mengingatkan pemerintah daerah dan masyarakat untuk siap menghadapi potensi bahaya kesehatan yang dapat muncul akibat El Nino (pemanasan suhu) yang diperkirakan akan terjadi pada Agustus nanti. Pasalnya bulan Juli hampir berakhir, dan fenomena El Nino diperkirakan akan dimulai dalam beberapa hari ke depan.

Saat terjadi El Nino, cuaca panas akan menjadi lebih intens terutama jika disertai dengan jarangnya curah hujan. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kasus penyakit paru-paru dan gangguan pernapasan. Selain itu, polusi udara juga dapat meningkat akibat debu dan ancaman kebakaran hutan serta lahan (karhutla).

“Dampak El Nino ini berpotensi menyebabkan kekeringan, karena curah hujan yang jarang, serta meningkatkan jumlah titik api dan risiko kebakaran hutan dan lahan. Terutama di daerah kita yang banyak terdapat gambut. Selain itu, juga akan meningkatkan kasus penyakit paru-paru dan gangguan pernapasan akibat dari kebakaran hutan dan lahan,” ungkap Ruselita pada Kamis (27/7).

Srikandi Perindo ini juga mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna menghadapi fenomena El Nino. Dia menjelaskan bahwa memiliki daya tahan yang kuat dapat mengurangi resiko seseorang terkena berbagai penyakit.

Seiring dengan mendekati akhir Juli, Ruselita menilai bahwa pemerintah perlu mengantisipasi potensi bahaya kesehatan yang dapat timbul. Dampak dari El Nino ini dapat beragam pada kesehatan, termasuk peningkatan kasus penyakit menular, gangguan pernapasan, masalah kekurangan gizi, serta tekanan panas dan gangguan kesehatan mental.

“Terutama akibat cuaca panas dan minimnya hujan, dapat berdampak pada sanitasi dan ketersediaan air bersih. Untuk menghadapinya, diperlukan persiapan dan perlindungan melalui langkah-langkah kesiapsiagaan. Mulai dari kesiapan layanan darurat hingga perencanaan menghadapi El Nino. Perlu kerjasama dalam mengatasi, menanggulangi, dan mencegah kebakaran hutan dan lahan di daerah kita,” tegasnya. (rin/hnd/kpg/uni/kpfm)

162 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.