Profil Reza Darmawangsa, Penyanyi Asal Bandung yang Di-notice Jungkook BTS

Reza Darmawangsa di-notice oleh Jungkook BTS

JawaPos.com – Penyanyi Reza Darmawangsa menjadi sorotan setelah di-notice oleh personel boy group Korea Selatan BTS, Jungkook. Reza masuk dalam ‘radar’ Jungkook lewat video cover lagu ‘Seven‘ miliknya, dikutip dari POJOK SATU.

Reza Darwamangsa bukan hanya mendapat ucapan selamat dari ARMY-fans BTS. Tapi juga para artis yang berkomentar di postingan Instagram tentang betapa bahagianya dia di-notice Jungkook BTS.

Reza Darmawangsa sejatinya bukan sekadar YouTuber biasa yang kebetulan di-notice Jungkook  BTS. Dia punya suara yang bagus dan piawai menciptakan lagu, serta beberapa kali ikut ajang pencarian bakat.

Dia lahir dengan nama lengkap Reza Alif Darmawangsa pada 4 Januari 1998 di Bandung, Jawa Barat, dan dikenal juga dengan nama panggung RZD.

Reza menamatkan sekolah SMA di SMA BPI 1 Bandung dan di Universitas Telkom Jurusan Desain Komunikasi Visual. 

Pada tahun 2017, Reza pernah mengikuti kompetisi The Next Boy/Girl Band pada musim pertama, namun tereliminasi. Kemudian setahun kemudian, tahun 2018-2019 ikut Rising Star Indonesia, pun gagal di babak final.

Kemudian, dia aktif meng-cover lagu-lagu yang viral di channel YouTube-nya. Kemudian pada 18 September 2019 melalui perusahaan rekaman Lunatic Parfait Records, dia melakukan debut solo dengan lagu berjudul ‘Want Me Too’.

Seiring dengan itu, Reza merilis satu novela berjudul Epiphany, bersama L. M. Cendana dan diterbitkan melalui Inari. Buku yang terdiri dari 158 halaman itu merupakan alih wahana dari tiga lagu Reza Darmawangsa yang berjudul ‘Want Me Too’, ‘I’m in Love’, dan ‘Seberang’.

Tahun 2020, dia mengikuti kompetisi cover salah satu lagu debut solo anggota Treasure, Bang Yedam, berjudul ‘Wayo’. Ini diselenggarakan agensi asal Korea Selatan, YG Entertainment. Reza meraih peringkat kedua di ajang itu.

Reza mulai dikenal di kalangan ARMY, saat meng-cover lagu ‘Still With You‘ ciptakan Jungkook BTS. Media Korea bahkan sempat memberitakannya karena suara Reza dinilai sangat mirip dengan Jungkook.

K-Media XSportnews dan Naver menuliskan Reza Darmawangsa dalam artikel berjudul “An Indonesian singer with 1.4M Youtube subscribers attracted people attentions by his cover of Jungkook ‘Still With You’“.

Channel YouTube Reza makin dikenal luas, dengan segmen Sing-Off TikTok Songs di kanal YouTubenya bersama alumni Rising Star Indonesia musim ketiga, Mirriam Eka, istri Julian Jacobs.

Segmen tersebut memperoleh penonton sebanyak 237 juta kali dan seluruh episodenya berhasil menduduki posisi trending umum YouTube Indonesia dengan tiga di antaranya menduduki posisi puncak.

Berkat keberhasilan cover lagu di saluran YouTubenya tersebut, ia meraih penghargaan pertamanya sebagai Content Creator Cover Musik Terfavorit dari Video Content Creator Awards 2021.

Reza berterima kasih ke Jungkook dan ARMY, karena salah satu alasannya membuat kanal YouTube terinspirasi dari member BTS itu.

“Ya, dan semua karena kamu (Jungkook) dan BTS. Aku bukan Youtuber random dengan 4 juta subscriber. Aku seorang fans dan bukan siapa-siapa BTS sampai aku menemukan musiknya tahun 2016. Mulai saat itu aku belajar semuanya darimu,” ujar Reza Darmawangsa, Sabtu, 5 Agustus 2023. (jpc/kpfm)

158 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.