Gubernur Minta Warga Bakumpai Sukseskan Pembangunan Daerah

Silaturahmi Akbar KKB, 100 Orang Dapat Hadiah Umrah

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran akan memberangkatkan 100 orang warga Bakumpai untuk menjalankan umrah ke Tanah Suci. Hadiah tersebut disampaikannya saat menghadiri silaturahmi akbar Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) di Palangka Raya, Minggu (26/5).

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak, Pengurus KKB yang juga Sekda Kateng Nuryakin, perangkat daerah, instansi vertikal, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat. 

“Untuk warga Bakumpai sudah saya siapkan 100 paket umrah. Anggaran sudah disiapkan dan akan dibagikan untuk warga Bakumpai di tiap kabupaten/kota,” kata Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran.

Menurut Gubernur, keberadaan organisasi kemasyarakatan seperti KKB memiliki peran strategis sebagai wadah aspirasi masyarakat. Oleh karena itu, ia berharap ke depannya KKB makin peka terhadap berbagai permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat dan mampu mengaktualisasikan aspirasi masyarakat.

“KKB diharapkan dapat turut serta mendukung visi misi pemerintah daerah, terutama yang berkaitan dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) Kalteng yang cerdas, sehat, dan berdaya saing,” ucapnya.

Gubernur yang menjabat dua periode tersebut menambahkan, silaturahmi akbar KKB merupakan momentum tepat untuk melakukan evaluasi, intropeksi, serta menyalurkan aspirasi warga Bakumpai. Dengan harapan ke depannya KKB dapat berperan lebih besar lagi dalam mendukung berbagai program pembangunan untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Terlebih lagi Kalteng baru saja genap berusia 67 tahun. Dalam semangat hari jadi tersebut, saya berharap warga Bakumpai terus membantu pemerintah menyukseskan pembangunan daerah dalam arti luas di berbagai bidang,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KKB Kalteng H Suriansyah Murhain menyampaikan, acara silaturahmi tersebut dilaksanakan, karena semenjak Idulfitri lalu para warga Bakumpai di Kalteng belum menggelar pertemuan lagi.

“Hari ini (kemarin) kita melaksanakan silaturahmi yang menjadi bukti kebersamaan warga Bakumpai terlebih menjelang pilkada, mudah-mudahan warga Bakumpai bisa mufakat bersama-sama, sesuai moto KKB yakni Handep Hapakat Hagatang Sama Arep, yang berarti saling membantu dan bergotong royong” ucapnya.

Kegiatan silaturahmi tersebut juga merupakan forum koordinasi dan konsolidasi organisasi tingkat kabupaten dan provinsi, baik KKB maupun Forum Pemuda Kerukunan Keluarga Bakumpai Kalteng (FPKKB). Forum itu menjadi wadah pertemuan warga Bakumpai yang ada di Kalteng.

Sementara itu, Ketua KKB Pusat Yuni Abdi Nur Sulaiman mengucapkan terima kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan penyelenggaraan kegiatan. Berbarengan dengan momen peringatan HUT Kalteng, ia berharap warga Bakumpai yang tinggal di provinsi ini dapat berpartisipasi membangun daerah.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi atas terselengaranya acara silaturahmi akbar KKB Kalteng yang bertepatan dengan momentum peringatan hari jadi ke-67 Provinsi Kalteng.

Gubernur mengatakan, tiap orang harus punya tekad dan keberanian, terlebih bagi mereka yang ingin maju sebagai kepala daerah. “Tentunya kita harus memerangi kemiskinan, semua dimulai dari tekad dan keberanian, apalagi Indonesia kan kaya akan sumber daya alam,” ujarnya.

Ia berharap ke depannya pembangunan sektor pendidikan dapat berdampak baik pada peningkatan sumber daya manusia yang menunjang pembangunan berkelanjutan di Kalteng. (irj/ce/ala/kpfm)

135 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.