Kejar 1 Juta Hektare Lahan, Food Estate Merauke Diharapkan Tingkatkan Ekonomi Rakyat

kpfmpalangkaraya.com – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman terus berupaya mengejar target 1 juta hektare lahan di Merauke, Papua menjadi food estate. Langkah ini selain untuk memicu swasembada pangan, juga mencegah krisis akibat El Nino. 

“Kini kita sudah realisasikan seluas 40.000 dari total 63.000 hektare. Progresnya sangat bagus,” kata Amran, Rabu (10/7).

Amran sendiri sudah meninjau langsung lokasi optimasi lahan pertanian di Kampung Telaga Sari, Distrik Kurik, Merauke. Dia menargetkan progran ini terus dilanjutkan.

Sementara, para petani di Desa Telaga Sari, gembira atas bantuan lahan seluas 40.000 hektare dari pemerintah. Sutarman salah satu petani asal Jawa Tengah yang bekerja di Desa Telaga Sari, Merauke berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat meningkatkan hasil produksi pangan dan meningkatkan perekonomian para petani.

“Mudah-mudahan kedepan dengan kunjungan Pak Mentan petani bisa meningkatkan hasil produksi. Kita petani bisa sukses lah, selama ini kan kita mengharapkan dari pribadi. Mungkin bantuan-bantuan dari pemerintah ini bisa tercover di masyarakat kita,” ujar Sutarman.

Senada dengan Sutarman, petani asal Papua Rudias Bidalegu yang juga aktif di Badan Standarisasi Intrumen Pertanian (BSIP) Papua, menyampaikan, dengan ketersediaan lahan seluas 40.000 hektare ini bisa ditanami sejumlah varietas dan tanaman yang menghasilkan output peningkatan perekonomian khususnya untuk orang asli papua yang juga mendapatkan pendampingan melalui teknologi pangan.

“Kalau untuk orang Papua mungkin bisa lebih melakukan pendekatan baik di tingkat teknologi, maupun pendampingan secara khusus terutama utk orang asli Papua. Terima kasih atas dukungan pemerintah teristimewa di dalam program untuk meningkatkan perekonomian dengan membuka luas lahan 40.000 hektar. Itu sangat-sangat mendukung baik di tingkat pertanian,” ujar Rudias.

Seperti diketahui, Amran mengungkapkan bahwa seluas 40.000 hektare lahan itu telah berhasil dioptimasi dari target 63.000 hektare di Merauke dengan tujuan untuk mengantisipasi krisis pangan akibat El Niño dan memacu swasembada pangan. (jpc/kpfm)

33 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.